Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GPS dan Alat Diagnosis Mobil Dalam Satu Perangkat

Kompas.com - 26/08/2015, 07:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Perusahaan komunikasi Telkomsel punya produk baru untuk otomotif, T-Drive. Perangkat yang menggabungkan kerja global positioning system (GPS) dan diagnosis kondisi mobil ini disebut sebagai Intelligent Driving Assistant.

T-Drive merupakan produk plug and play, tinggal colok di soket On-Board Diagnostics (OBD) yang dimiliki mobil-mobil injeksi. Lokasi soket pada kebanyakan mobil di bawah kemudi.

Menurut salah satu pramuniaga di stan Telkomsel di Gaikindo Indonesia International Auto Show, Selasa (25/8/2015), T-Drive dapat mengumpulkan data gaya berkendara pengemudi, kondisi bahan bakar, dan kesehatan mobil. Seluruh data bisa dilihat via aplikasi yang diunduh untuk ponsel berbasis Android dan iOS.

Febri Ardani/KompasOtomotif Telkomsel T-Drive dicolok ke soket On-Board Diagnostics (OBD) yang dimiliki mobil-mobil injeksi.
Fungsi GPS bisa digunakan bila keberadaan mobil tidak diketahui. Lokasi mobil bisa diketahui via ponsel.

T-Drive dijual Rp 2,99 juta, di dalam perangkat sudah termasuk satu kartu SIM Telkomsel Halo. Pemakaiannya gratis selama sebulan, selebihnya konsumen wajib membayar tagihan Rp 115.000 per bulan. Telkomsel juga memberikan paket seharga Rp 3,99 juta, termasuk kartu SIM Telkomsel Halo dan gratis biaya pemakaian sebulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com