Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menelanjangi Perbedaan Kia Sportage Bensin dan Diesel

Kompas.com - 25/08/2015, 17:57 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Kia Mobil Indonesia (KMI) menawarkan Sportage bermesin diesel untuk pertama kalinya di Indonesia dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2015). Menariknya, model ini untuk sementara berstatus sebagai edisi spesial dengan hanya tersedia 20 unit selama pameran berlangsung.

Sportage diesel masuk ke segmen di mana belum ada pesaingnya. Kia membekalinya dengan mesin CRDi VGT 2.000 cc dengan daya maksimal 174,5 tk @4.000 rpm dan torsi maksimal 294,1 Nm @1.800-2.500 rpm. Klaim KMI, tenaga dan torsi itu terbesar di kelasnya, dipadu dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

KompasOtomotif berusaha mencari perbedaan antara model bermesin diesel dengan bensin. Dari luar, paling kentara adalah gril yang menggunakan lubang berbentuk seperti anyaman, sementara gril tipe bensin punya lubang angin jajaran persegi panjang. Lis kaca dan hendel pintu dilapis krom.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Interior Kia New Sportage diesel.
Di dalam, ada beberapa yang istimewa. Setir diberi tambahan fitur telescopic (maju-mundur) selain tilt (naik-turun), sementara tipe bensin hanya tilt. Jok baris kedua bisa disandarkan (miring) dalam dua tahap, pada tipe mesin bensin hanya satu tahap.

Sama seperti produk KIA lainnya, tipe ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Motor Driven Power Steering (MDPS) pada setir yang membuat lingkar kemudi sangat ringan digerakkan saat kecepatan rendah dan parker, tapi akan menjadi lebih berat ketika melaju kencang.

Lalu, bagaimana performa SUV bermesin diesel yang dijual Rp 425 juta ini saat dipasangi mesin diesel? KompasOtomotif akan membahasnya dalam artikel lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com