Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mobil Tahun Ini Tak Tembus 1 Juta Unit

Kompas.com - 20/08/2015, 15:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang KompasOtomotif – Dua pameran otomotif yang digelar bersamaan pada 20 Agustus - 30 Agustus 2015 di Jakarta dan Tangerang Selatan diprediksi tidak akan menstimulus penjualan mobil naik secara signifikan. Kondisi pasar domestik diperkirakan masih lesu sampai akhir tahun, seperti prediksi asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia (Gaikindo).

Gaikindo menyatakan, revisi total penjualan mobil secara wholesales menjadi 950.000 unit sampai satu juta unit. Penghitungan itu didasari penjualan Januari-Juli yang hanya mampu 581.941 unit, lebih kecil dari periode yang sama tahun lalu, yakni 733.444 unit.

Johnny Darmawan, Ketua Panitia Pelaksana pameran otomotif di Tangerang, mengatakan tidak mempunyai target penjualan mobil meski acara dihadiri sebagian besar agen tunggal pemegang merek sebagai ekshibitor. Meski begitu, disebutkan, pengunjung akan melebihi target menjadi lebih dari 400.000 orang.

“Saya tidak bisa mengharapkan penjualan terlalu besar, karena kita harus lihat secara total. Paling sedikit bisa menambah,” kata Johnny.

Saat pasar sedang “sakit” seperti sekarang, pameran otomotif bisa dianggap sebagai “obat mujarab”, sebut Johnny. “Paling sedikit membawa tidak terlalu terpuruk, tapi yang penting pameran ini adalah muka Indonesia. Boleh saja orang bilang Indonesia krisis, tapi kalau di sini tidak terlihat,” kata Johnny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com