Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gairah Baru Kawasaki Scrambler Turunan ZX-10R

Kompas.com - 18/08/2015, 16:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Paris, KompasOtomotif – Sepeda motor model off-road atau semi off-road yang sedang naik daun dimanfaatkan sebagian desainer untuk mengimplementasikan ide. Seperti yang dilakukan desainer sepeda motor modifikasi asal Perancis, Holographic Hammer (HH). Kawasaki ZX-10R yang kental dengan aura sport murni bisa berubah takdir berkat rekayasa digital.

HH coba membuat dua opsi, scrambler dan café racer pada Kawasaki ZX-10R atas pesanan modifikator asal Indonesia, Baru Motor Sport (BMS) yang bermarkas di Palmerah, Jakarta Selatan. Disebut dalam wall Facebook-nya, Ariawan, punggawa BMS, meminta opsi model off-road sebagai pertimbangan utama.

Hasil olahan digital HH memang ciamik. Aura sport ZX-10R sebagai salah satu sepeda motor kencang di sirkuit tak lagi tampak. Yang ada justru penampilan baru sebagai sepeda motor tracker yang siap menjelajah di dua alam.

Holographic Hammer Model lain yang ditawarkan, ZX-1oR berubah menjadi cafe racer klasik.
Hal itu bisa dilihat dari penggunaan suspensi yang lebih tinggi untuk mendapat ground clearance lebih baik. Pelindung mesin juga tampak menjadi tameng bagian bawah. Tangki dimodifikasi sedikit, lalu dilewati juluran pipa gas buang yang juga dengan posisi tinggi.

Buritan dipangkas ringkas, khas scrambler dengan jok yang simpel dan klasik. Ban dibuat bergerigi agar mendukung penampilan baru. Bagian depan juga diganti dengan lampu bulat. Speedometer dan setang mengadopsi model tracker.

HH menyodorkan pilihan café racer untuk BMS. Namun Ariawan sepertinya lebih condong mengambil desain off-road sesuai tren yang saat ini sedang mengemuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com