Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Detail Great New Xenia

Kompas.com - 12/08/2015, 16:45 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Daihatsu Great New Xenia telah resmi hadir di Jakarta, Rabu (12/8/2015), dengan tiga tipe, D, X, dan R. Total ada 11 varian yang ditawarkan, dijual dimulai dari Rp 151,65 juta hingga Rp 205,8 juta.

Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengungkapkan Great New Xenia memikul target penjualan 5.000 unit per bulan. Perubahan pada sektor eksterior, interior, kenyaman, dan fungsionalitas yang dibungkus dalam konsep big minor change dirasa cukup membuat Xenia tetap kompetitif.

Total ke-11 varian Great New Xenia, adalah D M/T 1.0L, M M/T 1.0L, M Deluxe M/T 1.0L, X 1.3L M/T, X A/T 1.3L, X Deluxe M/T 1.3L, X Deluxe A/T 1.3L, R M/T 1.3L, R A/T 1.3L, R Sporty 1.3L M/T , dan R Sporty 1.3L A/T. Hanya tipe D dan M yang menggunakan pilihan mesin 1.0L dengan transmisi manual, sedangkan X dan R memakai mesin 1.3L serta punya pilihan manual dan otomatis.

Secara kasat mata Xenia terbaru banyak berubah, tapi apa saja perubahannya dibanding model lama? Berikut ulasannya.

Eksterior

Wajah Xenia dipermak lebih elegan. Perubahannya meliputi, bemper depan baru, bumper guard (khusus R Sporty), lampu depan, gril dengan lapisan krom (R Sporty), daytime running light (R Sporty), desain pelek baru, side stone guard (X Deluxe dan R Sporty), dan lis krom pada bingkai luar jendela (X Deluxe dan R Sporty). Juga masih ada lampu belakang dengan reflektor, garnis krom di antara lampu belakang (R dan R Sporty), spoiler belakang plus high mount stop lamp, serta bemper guard di belakang (R Sporty).  

Interior

Kabin Great New Xenia dirancang lebih kedap dari sebelumnya, didapat dari perbaikan pada struktur bodi dan berbagai perubahan lainnya. Hal baru lain terlihat dari desain baru dasbor, meter combination pada instrument cluster (R dan R Sporty), Multi Information Display (R dan Sporty), kemudi, motif jok, dan headunit 2 DIN.

Tipe pelipatan jok baris ketiga dengan konfigurasi 50:50 hanya bisa diterapkan pada varian X, X Deluxe, R, dan R Sporty.

Mesin

Mesin 1.0L Great New Xenia masih tetap sama seperti model sebelumnya, hanya 1.3L yang dikembangkan menggunakan teknologi dual VVT-i. Mesin 1.3L menggunakan teknologi drive by wire yang membuat mesin lebih responsif atas gerakan pedal gas.

Mesin 1.3L diklaim lebih irit 15 persen dibanding sebelumnya. Terdapat indikator “Eco” untuk varian R dan R Sporty.

Fitur

Great New Xenia punya fitur baru untuk keselamatan penumpang, yaitu side impact beamimmobilizer (R dan R Sporty), corner sensorwindow jam protection, dan sensor parkir di belakang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com