Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 6 Keunggulan Mesin Baru Avanza

Kompas.com - 12/08/2015, 15:30 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Bukan hanya tampilan dan kelengkapan saja yang menjadi daya dari Avanza terbaru, Toyota Astra Motor (TAM) juga membekalinya dengan mesin baru. Untuk varian 1.3L menggunakan kode 1NR sedangkan 1.5L pakai 2NR. Tak hanya blok mesin dan kepala silinder yang diperbarui, disematkan pula teknologi yang sudah dipakai pada model premium yaitu katup variabel ganda (dual VVT-i).

Bermodalkan beberapa ubahan tersebut, Toyota yakin ubahan pada sumber tenaga yang dipakai mampu memberikan performa optimal sesuai keinginan konsumen. Berikut 7 keunggulan mesin baru pada Grand New Avanza.

1. Katup variabel ganda diklaim makin memberikan optimalisasi kebutuhan tenaga di putaran mesin bawah atau atas. Jika teknologi sebelumnya (VVT-i) pengaturan bukaan katup hanya pada jalur isap/masuk (intake), kali ini jalur buang/keluar (exhaust) juga di atur.

Keunggulannya jelas untuk memberikan efisiensi pada ruang bakar sehingga daya yang dihasilkan lebih optimal. Selain itu bisa menghasilkan emisi gas buang yang rendah karena gas buang ada yang bisa diproses kembali pada ruang bakar.

2. Penggunaan pemantik api di ruang bakar (busi) sudah menggunakan model iridium. Beda dengan busi biasa yang digunakan pada model sebelumnya adalah ujung elektroda yang lebih kuat dan mampu menghasilkan percikan api lebih besar.

3. Injektor yang dipakai kali ini memiliki 8 lubang (sebelumnya 4). Logikanya, jika lubang injektor ditambah maka pengabutan pada ruang bakar akan jadi lebih boros. Namun untuk penggunaan pada mesin baru ini, meski lubang bertambah namun diameternya lebih kecil dari injektor lama. Dengan begitu pengabutan bisa lebih optimal dan bahan bakar jadi mudah dibakar.

4. Jika sebelumnya bukaan gas diatur secara mekanikal atau menggunakan kabel, model terbaru kali ini memakai sistem elektrik atau dikenal dengan drive-by-wire. Momen buka tutup diatur oleh ECU sehingga tenaga yang dihasilkan bisa optimal namun tetap bisa efisien.

5. Sensor detonasi (knock sensor) dibuat lebih canggih. Deteksi gejala yang juga dikenal dengan ngelitik lebih sensitif. Hal tersebut merupakan salah satu komponen penting untuk menyesuaikan tingkat oktan bahan bakar yang digunakan konsumen. Jika melihat spesifikasi, Avanza baru bisa meneguk Pertalite atau RON lebih tinggi.

6. Terdapat kelengkapan engine immobilizer untuk mempersulit kerja maling. Mesin tidak akan nyala jika tidak menggunakan kunci bawaan pabrik. Jadi, "kunci T" yang kerap jadi andalan maling atau duplikasi karya pengrajin kunci tidak bisa dipakai untuk menyalakan mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com