Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Rintangan Baru di "Safety Riding" AHM 2015

Kompas.com - 11/08/2015, 19:01 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Palembang, KompasOtomotif - Agenda tahunan PT Astra Honda Motor (AHM) dalam mencari bibit unggul instruktur safety riding terbaik kembali digelar di Palembang. Ajang kesembilan ini tetap mengacu pada penilaian standarisasi internasional, tapi meski demikian ada hal baru yang diterapkan.

Khusus untuk materi uji praktek narrow plank (papan keseimbangan), yang digunakan untuk penilaian keseimbangan ada jarak baru yang diterapkan. Dari biasanya berjarak 15 meter saat ini hanya 10 meter dan diterapkan di semua kelas yang diperlombakan.

"Tahun ini memang kita terapkan metode baru dari jarak narrow plank. Awalnya 15 meter tapi kita pendekan menjadi 10 meter," ujar Emerson Tantono, Chief Safety Riding PT AHM di sela-sela sesi kompetisi safety riding kepada KompasOtomotif, Palembang (11/8/2015).

Tapi, lanjutnya, waktu tempuhnya juga kita kurangi. Semula dengan jarak 15 meter itu 45 detik, sedangkan saat ini dengan jarak 10 meter menjadi 30 detik. Dengah hal ini para peserta juga harus lebih fokus dalam melintasi narrow plank juga mempertahankan posisi tubuh agar tetap stabil.

AHM Lady Bikers pecinta Honda CB150R StreetFire mengikuti kompetisi safety riding Narrow Plank pada acara Jambore Nasional Honda CB150R StreetFire di Jogja Expo Center, Yogyakarta (14/2). Lebih dari 1.000 bikers dari 100 komunitas pecinta Honda CB150R StreetFire berkumpul untuk mengikuti Jambore Nasional Honda CB150R StreetFire yang pertama.

"Secara kemampuan untuk kelas instruktur makin bertambahnya safety riding center Honda di main dealer juga sudah makin siap. Karena secara rutin mereka sering latihan sendiri sebelum berlangsungnya acara. Mekanisme sama, siapa yang mampu bertahan lama dengan kondisi stabil maka dia juaranya," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com