Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki MotoGP Ancam Pesaing dengan Komponen Baru

Kompas.com - 07/08/2015, 13:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Indianapolis, KompasOtomotif – Suzuki sudah lama akrab dengan knalpot Yoshimura dalam berbagai ajang balap inetrnasional. Namun kini haluan itu mulai didobrak setelah tim Suzuki Ecstar di MotoGP memutuskan untuk pakai knalpot buatan Akrapovic sebagai pilihan baru. Strategi tersebut digunakan mulai GP Indianapolis, di Amerika Serikat, Minggu (9/8/2015).

Keterikatan sebagai mitra antara Suzuki dan Akrapovic itu sudah bisa digeber mulai Jumat (7/8/2015), saat duo rider Suzuki Aleix Espargaro dan Maverick Vinales melakukan latihan bebas pertama. Mereka akan menggunakan setelan baru terkait dengan penggunaan knalpot Akrapovic.

Untuk tahap awal, Suzuki akan menggunakan spesifikasi knalpot yang didesain khusus oleh Akrapovic untuk balap MotoGP. Namun, kerjasama akan dilakukan lebih dalam dengan membuat knalpot khusus untuk Suzuki demi meraih hasil yang lebih kompetitif.

Berdasarkan sumber dari Akrapovic, dua perusahaan sudah melakukan kerjasama pada masa lalu dan berbagi data soal hasil balapan. Bisa jadi, hasil kerjasama ini menghasilkan knalpot atermarket yang dipasarkan untuk umum lewat diler resmi Suzuki.

Kurang ideal

Pertanyaannya, seberapa besar pengaruh penggantian knalpot pada GSX-RR untuk balapan Minggu? Masih susah diraba. Tahap awal, Akrapovic akan menyinkronisasi antara spesifikasi knalpot dan karakter mesin Suzuki GSX-RR. Lalu mengembangkan komponen penting untuk saluran gas buang baru.

Sebagai gambaran, srikuit di Indianapolis adalah trek yang kurang ideal untuk Suzuki. Tim biru-biru itu belum punya tenaga yang cukup untuk melaju di trek lurus, seperti yang banyak ditemui di sana. Perbaikan akan dimaksimalkan pada pengereman dan melibas tikungan cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com