Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Datangkan Mobil Hidrogen

Kompas.com - 07/08/2015, 11:50 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mobil merek Toyota yang mengonsumsi hidrogen, Mirai, akan mengunjungi Indonesia akhir September ini. Model produksi pertama di dunia dengan teknologi fuel cell hidrogen itu akan hadir di pameran otomotif yang digelar di Tangerang Selatan, pada 20 – 30 Agustus 2015.

Sedan 4-pintu itu merupakan hasil pengembangan prototipe FCV (Fuel Cell Vehicle) yang diperkenalkan Toyota Astra Motor (TAM) pada Indonesia International Motor Show tahun lalu. Mirai hanya diproduksi terbatas, tiga unit sehari di pabrik Motomachi, Jepang, sampai batas kuota 700 unit untuk seluruh dunia pada tahun ini terpenuhi.

“Mirai akan bisa dilihat dan dirasakan langsung di Indonesia, sebelumnya hanya bisa dinikmati lewat pemberitaan di media,” ujar Dimas Aska, Media Relation Section Head TAM, saat mengumumkan jadwal debut Mirai, di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Agung Kurniawan Toyota i-Road. Ban depan bisa menekuk mengikuti arah belokan.

Selain Mirai, TAM juga bakal mendatangkan kendaraan “pioneer of personal mobility”, i-Road. Mobil 3-roda yang didesain bergerak seperti sepeda motor ini didesain mengangkut dua orang penumpang. Tenaga penggerak disuplai dari baterai. Jarak tempuh terjauh mencapai 50 km dengan kecepatan tertinggi 45 kpj.

i-Road sudah diperkenalkan sejak Geneva Motor Show pada Maret 2013. Kendaraan ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah kendaraan personal di dalam kota. i-Road telah menjalani serangkaian uji coba di Jepang sebagai alat bantu transportasi perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com