Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Idola Mobkas pada Semester Pertama 2015

Kompas.com - 07/08/2015, 08:45 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Pasang surut pasar sudah dilalui "duet maut" Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sejak pertama kali diluncurkan ke pasar otomotif nasional, akhir 2003 lalu. Hal serupa juga terjadi di pasar mobil bekas (mobkas) kalau bicara soal ketangguhan model kembar berbeda merek ini.

Di pasar mobkas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, kendaraan multiguna bawah (low MPV) dari Toyota dan Daihatsu ini tetap dominan. Senior Manager Marketing WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menjelaskan, mobil paling laris sepanjang semester pertama tahun ini masih dipegang oleh Avanza dan Xenia. Populasinya yang banyak menjadikan kedua mobil ini tetap jadi idola masyarakat.

“Tidak bisa dimungkiri kalau populasi kedua mobil itu banyak sekali, maka dari segi penjualan mobkas juga tetap paling atas,” kata Herjanto kepada KompasOtomotif, Rabu (5/8/2015).

Selain si kembar, model terlaris di segmen sport utility vehicle (SUV) adalah Honda CR-V, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Mazda CX-5. Sementara angka penjualan Nissan X-Trail model lama justru melorot.

“Yang lagi kencang-kencangnya di segmen SUV siapa lagi kalau bukan CR-V. Setiap tahun selalu berada di posisi pertama di segmennya,” tuturnya.

Sementara itu, Herjanto melanjutkan, di segmen mobil kota (city car) dan hatchback, Honda Jazz tetap menjadi favorit masyarakat, khususnya anak muda, kemudian di bawahnya ada Toyota Yaris, Swift, Sirion, dan Picanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com