Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memodifikasi Tunggangan dari Nol, Ini Kuncinya

Kompas.com - 06/08/2015, 20:04 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Semakin banyak sepeda motor model baru yang meluncur merangsang pemodifikasi untuk semakin kreatif. Inilah yang menggerakkan Unity Bikers kembali menggelar workshop, kali ini bertema modifikasi.

Ajang yang disebut Unity Pitstop yang diadakan di Pendopo Yesterday Lounge Café, Jakarta, itu menggandeng salah satu builder Indonesia, Ade Habibie, yang didapuk untuk memberikan beberapa tips memodifikasi untuk para pemula, atau pengguna sepeda motor yang ingin menyegarkan penampilan sepeda motornya.

”Melalui workshop ini, saya ingin mengingatkan, bukan hanya ekspresi karakter saja yang penting dalam komunitas kustom, tetapi juga pentingnya saling menghormati dan mengapresiasi ide serta hasil karya builder lain, “ ucap Ade dalam siaran resmi, (1/8/2015).

Intinya, muara memodifikasi sepeda motor seharusnya tetap memperhatikan unsur keamanan dan kenyamanan. Karena tidak hanya dipajang, namun dipakai sebagai kebanggaan. Untuk itu calon pemodifikasi perlu memperhatikan langkah dan urutan memodifikasi yang benar dari awal.

Referensi dan eksekusi
Pentingnya mencari referensi menjadi prioritas, agar memodifikasi sepeda motor mempunyai arah yang disesuaikan dengan keinginan. Setelah itu, mencari konsep yang dipilih dari berbagai referensi.

”Jangan terpaku pada satu konsep, karena itu membatasi kreativitas. Memadukan dua konsep yang berbeda juga boleh selama ada batasan yang jelas.

Langkah selanjutnya adalah mengestimasi dana. Buat Ade, ini penting karena menjadi salah satu batasan yang tidak bisa ditawar. Estimasi biaya ini bisa diikuti dengan pencarian bahan dan komponen yang sesuai dengan perhitungan dana di awal.

Setelah semua matang, lakukan eksekusi. ”Tips buat semua, lakukan semua dengan teratur dan teliti. Bahkan setelahnya harus dites, apakah sudah nyaman dan aman. Memotong rangka misalnya, ada perhitungannya. Lalu memasang baut juga perlu diperhatikan, jangan sampai knalpot copot di tengah jalan,” kata Ade.

Setelah semua selesai, termasuk pengujian, finalisasi boleh dilakukan. Proses ini termasuk pemasangan aksesori dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com