Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Detail "Ayam Jago" New Sonic 150R

Kompas.com - 05/08/2015, 16:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Melengkapi jajaran model sport, PT Astra Honda Motor juga merilis New Sonic 150R untuk menjawab tingginya pertumbuhan minat remaja terhadap sepeda motor yang sporty, trendy, agresif, dan dinamis. Segmen ini sebenarnya tak begitu besar, tetapi cukup membekas di benak konsumen sebagai kebanggaan.

Model ini turun di jajaran sepeda motor light sport di Indonesia. Saat ini, segmen itu hanya dikuasai Suzuki Satria FU 150. Yamaha sendiri tak mau menceburkan MX King 150-nya di segmen ini, meski sebenarnya bisa disandingkan sebagai kompetitor.

Konsep desain agresif generasi baru dengan sudut dan garis tajam didukung fitur penarik perhatian, seperti lampu depan LED, panel indikator digital, desain pelek aluminium, rem cakram depan besar berukuran 296 mm, dan ban tubeless.

Desain body cover dilengkapi sayap samping berkarakter aerodinamis, dengan inovasi yang dapat dibongkar pasang sesuai keinginan pengendaranya.

Performa

New Honda Sonic 150R dilengkapi mesin yang sama seperti Honda CB150R StreetFire, tetapi dengan setelan berbeda. Mesin dibuat lebih besar pada torsi bawah, yang mampu menciptakan kelincahan. Hal tersebut didukung bentuk yang kecil dan bobot yang ringan.

Karakter output mesin sesuai dengan jalanan perkotaan, diperkaya dengan torsi putaran mesin bawah hingga menengah yang memberikan akselerasi terbaik di kelasnya, tetapi tetap irit bahan bakar. 

Model ini diklaim mampu berakselerasi 10,6 detik untuk jarak 0-200 m, dan mampu dipacu hingga 124,1 kpj. Sementara itu, konsumsi bahan bakar yang dihasilkan tetap efisien dengan angka 45,4 kpl (Euro II) dan 40,9 kpl (Euro III) dengan metode ECE R40.

Sasis dan setang

Sasis model ini mampu menghasilkan kelincahan dengan desain baru rangka twin-tube yang menghasilkan kekuatan tinggi dengan bodi ramping.

Setang jepit seperti pada sepeda motor sport racing memberikan kesan agresif dan sporty. Kemudahan saat manuver dapat tercipta melalui jarak sumbu roda yang pendek, lebar setang kemudi yang proporsional, sudut putar yang lebar seperti motor tipe bebek, dan posisi yang jok rendah.

New Honda Sonic 150R memiliki empat pilihan warna, yaitu Active White, Spartan Black, Energetic Red, dan Neo Magenta yang dipasarkan dengan harga on-the road (OTR Jakarta) Rp 20,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com