Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jualan Mobkas Lesu Jelang Pameran Otomotif Nasional

Kompas.com - 05/08/2015, 14:50 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pameran otomotif nasional yang akan diselenggarakan 19 - 30 Agustus mendatang ternyata mempengaruhi penjualan mobil bekas (mobkas). Para pedagang di Mall MGK Kemayoran mengakui ada penurunan penjualan.

Seperti yang diungkapkan oleh Kusnadi Wirjaatmadja. Pemilik showroom mobkas Best Car ini mengaku, menjelang pameran otomotif nasional banyak konsumen yang menunda pembelian mobkas, sehingga pasarnya menurun.

“Penurunannya sekitar 10 sampai 15 persen. Karena konsumen menunda untuk membeli mobil bekas, mereka ingin melihat mobil baru yang akan diluncurkan di pameran otomotif itu,” ujar Teddy saat ditemui KompasOtomotif di Bursa Mobil Bekas MGK Kemayoran, Rabu (5/8/2015).

Menurut Teddy, tren setiap tahunnya selalu seperti itu. Penjualan mobkas akan kembali naik ketika pameran otomotif itu sudah selesai. Banyak konsumen yang mulai membeli mobkas lagi.

“Ritmenya memang selalu seperti itu. Setiap ada pameran entah itu PRJ atau pameran otomotif nasional, penjualan mobkas akan menurun dan setelah itu penjualannya kembali naik,” bebernya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Teddy, pemilik showroom mobkas Jaya Mobil. Ia mengaku menjelang pameran otomotif nasional penjualan mobkas benar-benar tergerus.

“Beberapa tahun lalu saya pernah hanya jualan 2 unit saja sebulan, biasanya sebulan bisa 10 sampai 12 unit. Sekarang juga seperti itu, penjualan sekarang saja sedang sepi,” katanya.

Teddy juga mengatakan setelah pameran otomotif berlangsung, penjualan mobkas kembali normal. Karena konsumennya ingin mengetahui mobil baru di pameran otomotif itu, setelah itu para konsumen akan kembali melirik mobkas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com