Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Moge" Honda Diselidiki Terkait ”Recall” di Jepang

Kompas.com - 31/07/2015, 08:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) tidak tinggal diam saat Honda di Jepang dan Amerika Serikat me-recall puluhan ribu sepeda motor ber-cc besar (moge) karena masalah starter magnetic. Distributor dan produsen sepeda motor Honda di Indonesia itu siap menginvestigasi moge-moge yang sudah dipasarkan.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pembicaraan internal terkait recall moge. Intinya, pengecekan akan dilakukan terhadap produk big bike.

”Kami akan melakukan pengecekan terhadap big bike yang sudah ada di tangan konsumen. Dan itu belum tentu masuk ke produk yang harus diperbaiki (recall). Kami akan memastikannya,” terang Muhib kepada KompasOtomotif, Kamis (30/7/2015).

Sejak diluncurkan beberapa waktu lalu, puluhan moge Honda sudah dikirim ke garasi konsumen. Sebagian besar adalah model-model yang mengalami masalah pada komponen starter, baik di Jepang maupun Amerika Serikat. Misalnya, Honda CB500X, CB500F, hingga CBR650F.

Sebelumnya, Honda di Jepang mendata hampir 30.000 moge harus di-recall, sementara Honda Amerika Serikat menyusul dengan lebih dari 45.000 unit mengalami masalah yang sama.

Problem terletak pada starter magnetic kemungkinan tidak mendapatkan perlindungan anti-air yang baik. Ini menyebabkan panas berlebih pada sekering atau kabel. Jika dibiarkan, berpotensi terjadi korsleting yang menimbulkan api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com