Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Lampu OLED Karya Audi Siap Membumi

Kompas.com - 30/07/2015, 16:49 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Ingolstadt, KompasOtomotif – Audi siap memamerkan teknologi lampu terbaru di Frankfurt Motor Show, pertengahan September 2015 mendatang. Dalam siaran pers yang dipublikasikan Rabu (29/7/2015), produsen mobil asal Jerman itu akan membawa teknologi Matrix OLED yang selama ini sudah dikembangkan.

Inilah hasil teknologi lampu terbaru yang juga sudah dikembangkan BMW, membuka kesempatan untuk pendaran cahaya yang lebih pintar dan membuat desainer lampu lebih bebas menciptakan bentuk yang indah tanpa mengurangi fungsi sebagai alat penerangan dan keamanan.

Audi menjelaskan, OLED adalah akronim untuk organic light emitting diode. Di setiap unit OLED, terdapat dua elektroda—yang salah satunya transparan—lalu menjadi satu dengan sejumlah lapisan tipis dari material semikonduktor organik.

Aliran listrik DC, bertegangan antara 3 volt - 4 volt, akan mengaktifkan lapisan-lapisan yang sangat tipis—sekira 0,8 hingga 1,5 mm—agar memendarkan cahaya. Warna cahaya bergantung pada komposisi molekular pada lampu OLED.

Berbeda dengan LED yang terbuat dari semikonduktor kristal, OLED adalah lampu yang ringan dan datar. Cahayanya menciptakan level baru homogenitas. Cahaaya OLED juga tidak menciptakan banyak bayangan dan tidak membutuhkan reflektor atau komponen optik lainnya. Ini yang membuat OLED sangat efisien, ringan, dan tak butuh komponen pendingin.

Struktur yang membentuk OLED memungkinkan cahaya dari lampu seolah-olah seperti bentukan tiga dimensi, seperti bertingkat, atau ber-layer. Ini membuat desainer bebas memberikan desain sekreatif mungkin.

Kini, penggemar Audi tinggal menunggu, model apa yang menerapkan teknologi lampu OLED dan ditampilkan pada Frankfurt Motor Show?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com