Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Beda Tampilan Avanza dan Xenia Terbaru

Kompas.com - 30/07/2015, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Duet “maut” MPV sejuta umat, Avanza dan Xenia, segera lahir bulan depan. Keduanya mengusung desain lebih segar dengan nama berbeda, Grand New Avanza dan Great New Xenia. Sama seperti model lama, meski saudara kembar tetapi tak sama rupa, ada sedikit perbedaan wajah di antara keduanya dari perbandingan foto-foto yang sudah beredar.
Facebook/Veloz Community Penyegaran cukup signifikan meski masih menggunakan platform sama dengan model lawas.

Model yang dijadikan perbandingan adalah varian Grand New Avanza G dan Great New Xenia R Sporty. Selain lambang merek, beda wajah paling kentara terlihat di gril. Avanza mempunyai satu bilah gril, sedangkan Xenia memakai dua gril tebal yang sejajar.

Karakter keduanya juga jadi terlihat beda. Sebab, Xenia baru dilengkapi daytime running light (DRL), letaknya di sebelah dalam rumah lampu kabut. Kelengkapan tersebut tidak dimiliki Avanza, bahkan varian tertinggi Veloz juga belum punya.

Youtube Daihatsu Great New Xenia

Sepertinya posisi DRL membuat perbedaan desain bemper Xenia dengan Avanza terbaru. Perbedaan bemper akan lebih terlihat dibanding Avanza bila memperhatikan varian lain, Xenia tanpa DRL. Aspek pembeda lain yaitu desain pelek Xenia lebih sporty, terdapat high mount stop lamp, dan punya elemen kelir hitam di bemper depan dan belakang.

Avanza dan Xenia pada intinya mempunyai desain eksterior yang sama, hanya dibedakan dari plus-minus ornamen pelengkap. Perbedaan dasar lain, Great New Xenia tetap memiliki mesin 1.0L dan 1.3L berteknologi dual VVT-i. Sedangkan Grand New Avanza mengadopsi mesin 1.3L dan 1.5L, keduanya berteknologi dual VVT-i.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com