Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Tambah Tol Baru di Semarang

Kompas.com - 29/07/2015, 17:59 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astratel Nusantara, anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang infrastruktur dan logistik resmi menyelesaikan akuisisi saham 25 persen milik PT Trans Marga Jateng (TMJ), operator yang memiliki dan mengelola ruas jalan tol Semarang–Solo sepanjang 72,64 km. Meski bukan sebagai pemegang saham utama, tapi keterlibatan Astra pada sektor infrastruktur menunjukan keseriusan perusahaan lebih fokus pada sektor infrastruktur.

Dengan akuisisi ini, maka komposisi kepemilikan saham operator ruas Tol Semarang-Solo adalah, PT Jasa Marga - 73,9 persen, PT Astratel Nusantara - 25 persen, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah-1,1 persen. Ruas tol Semarang - Solo terdiri dari lima seksi (bagian). Seksi pertama antara Semarang - Ungaran sepanjang 10,8 km dan seksi kedua Ungaran - Bawen 11,9 km sudah beroperasi.

Sedangkan seksi ketiga (ruas Bawen - Salatiga, 17,3 km) masih dalam proses konstruksi, seksi keempat dan kelima, masing-masing Salatiga - Boyolali (24,1 km) dan Boyolali – Kertosuro (8,41 km) masih dalam tahap pembebasan lahan.

Seluruh lima seksi konstrksi tol diharapkan bisa beroperasi penuh pada 2017. Ruas jalan tol Semarang – Solo merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan kedua kota tersebut, termasuk akses kota lain di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Lewat keterangan resminya, Rabu (29/7/2015), Astratel Nusantara mengaku mau ikut terlibat pada fokus pemerintah Indonesia pada percepatan pembangunan infrastruktur nasional. Salah satunya, mewujudkan Jalan Tol Trans Jawa pada 2018.

Dengan tuntasnya akuisisi saham tersebut, PT Astratel Nusantara (AN) memiliki empat ruas jalan tol melalui kepemilikan saham di empat perusahaan, yaitu :

1. PT Marga Mandalasakti (MMS), dengan kepemilikan 79,31 persen saham, memiliki ruas tol Tangerang – Merak sepanjang 72,45 km. Telah beroperasi 100 persen.

2. PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), dengan kepemilikan 95 persen, memiliki ruas tol Jombang – Mojokerto sepanjang 40,5 km. Seksi 1 telah beroperasi dan seksi 2- 4 sedang dalam proses pembebasan lahan dan pararel seksi 2-3 dalam proses konstruksi.

3. PT Marga Trans Nusantara (MTN), dengan kepemilikan 40 persen, memiliki ruas tol Serpong –Kunciran sepanjang 11,25 km. Ruas ini sedang dalam proses pembebasan lahan.

4. PT Trans Marga Jateng (TMJ), dengan kepemilikan 25 persen, memiliki ruas tol Semarang – Solo sepanjang 72,64 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com