Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Sport Asal Pulogadung Diekspor ke India

Kompas.com - 29/07/2015, 16:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Yamaha India mengumumkan bakal menggelar konferensi YZF-R3 pada 11 Agustus 2015 mendatang di New Delhi. Hal ini menegaskan bahwa versi lain dari YZF-R25 dengan kapasitas mesin lebih besar itu siap dirilis di Negeri Taj Mahal untuk bersaing dengan Kawasaki Ninja 300.

Yamaha India mengimpor R3 dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang memproduksi varian tersebut di Pulogadung, Jakarta Timur. Dari informasi yang dirilis indianautosblog, Selasa (28/7/2015), model ini akan diimpor dalam skema CKD, bukan CBU.

Sebelumnya, YIMM sudah mengimpor R25 dan tetap menjadi pemasok tunggal model ini ke beberapa negara di dunia. Begitu juga dengan R3, yang menjadi salah satu model untuk diekspor ke sejumlah negara, termasuk Thailand, beberapa negara di Eropa, dan India.

Di India, sepeda motor 300 cc lebih populer ketimbang 250 cc karena regulasi. Di sana, model ini akan berhadapan dengan Ninja 300 atau KTM RC390 yang sangat populer. R3 dipasangi mesin dua silinder, 321 cc, injeksi, dan mampu mengeluarkan tenaga hingga 43 tk serta torsi 29,6 Nm.

Laporan lain, versi ABS juga akan menjadi opsi ekstra R3 untuk India. Akan menyusul, versi telanjang (naked bike) R3 juga siap beredar. Penamaan belum bisa dipastikan, antara MT-03 atau MT-320 seperti yang diisukan berbagai media di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com