Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up 2015

“Ngobrol” di Kabin Avanza Via Interkom

Kompas.com - 29/07/2015, 07:29 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Setiap ubahan pasti punya konsekuensi. Buat salah satu peserta Avanza Pop You Up di Bandung awal Juli lalu, Salman Al Farisi, keterbatasan komunikasi antar kabin pada Avanza miliknya yang sudah dipersonalisasi diatasi menggunakan telepon sebagai perangkat komunikasi internal alias interkom.

Kabin Avanza Salman digarap dengan konsep "in car entertainment". Fitur televisi ukuran 42 inci dan banyak perangkat sistem audio di bagasi. Jok tengah dan belakang dicopot lalu diganti dengan sofa menghadap ke arah televisi, suasana kabin pun digarap dengan inspirasi limousine.

Salman mengatakan perubahan seperti ini untuk memanjakan istri dan anaknya ketika perjalanan. Agar mendapat efek bioskop, kabin diubah menjadi dua ruangan tertutup. Ruang sopir dengan penumpang belakang dipisahkan sekat di pilar B.

Febri Ardani/KompasOtomotif Avanza Pop You Up 2015
Masalahnya, karena pembagian kabin jalur komunikasi penumpang dan sopir terputus. “Saya pakai interkom untuk komunikasi antara penumpang sama sopir karena biasanya kalau ngomong mesti kencang kadang tidak kedengeran,” kata Salman via telepon, Selasa (28/7/2015).

Salman menjelaskan ada dua telepon, satu unit diletakan di antara sopir dan penumpang depan sedangkan satu lagi di dinding kiri kabin belakang. Kedua unit telepon disambung menggunakan kabel yang dirangkai di tepi plafon. Suplai tenaga telepon bukan diambil dari aki mobil melainkan menggunakan baterai tipe A2.

“Pasangnya mudah tinggal sambung kabel,” jelas Salman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com