Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Bidik Pasar Skuter Mesin Kecil

Kompas.com - 27/07/2015, 10:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Munich, KompasOtomotif – Di kategori sepeda motor, BMW terkenal dengan deretan skuter bongsor atau kerap disebut maxi-scooter, yakni C Evolution elektrik, C600 Sport, dan C650GT. Line-up skuter itu bakal lebih bervariasi setelah ditemukan dokumen pematenan yang menunjukkan bahwa BMW Motorrad menyiapkan skuter ber-cc kecil.

Dokumen dari World Intellectual Property Organization itu menunjukkan sepeda motor akan menggunakan silinder tunggal. Tidak dijelaskan detail mesin, namun dikatakan bahwa mesin akan terikat dengan lengan ayun.

Jika dilihat dari gambar, rangka tampak baru, tidak pernah dipakai model BMW lainnya. Sokbreker vertikal (tidak seperti skuter BMW lain yang menerapkan posisi horizontal) tersambung dengan bagian mesin-CVT dan rangka.

Dokumen paten tidak mengindikasikan kapasitas mesin, namun dijelaskan bahwa BMW akan membidik konsumen di segmen yang diisi Piaggio Beverly (BV350), Honda PCX 150, dan Kymco Downtown 300i.

Sepertinya, mesin akan berada di kisaran 150-300 cc. Ini akan membuat mesin tersebut menjadi yang terkecil di antara line-up sepeda motor BMW yang pernah diproduksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com