Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Sepeda Motor Prima Kembali Usai "Disiksa" Perjalanan Jauh

Kompas.com - 23/07/2015, 11:01 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Ritual mudik sudah lewat dan banyak warga yang sudah kembali pulang ke rumah usai menikmati Lebaran di kampung halaman. Tak hanya menggunakan kendaraan roda empat atau angkutan umum, banyak pemudik yang memanfaatkan sepeda motor.

Padahal, sepeda motor bukan kendaraan yang didesain untuk perjalanan jauh dan panjang. Dengan alasan lebih hemat dan cepat, motor menjadi alternatif buat sebagian orang untuk pulang kampung.

Kini, setelah melakukan perjalanan mudik dan akan kembali melakukan aktivitas harian, sebaiknya periksa kembali motor di bengkel resmi atau yang terpercaya. Ini harus dilakukan agar kondisi sepeda motor tetap terjaga .

"Ada beberapa hal yang wajib dilakukan, setelah sepeda motor selesai digunakan untuk jarak yang jauh dan dalam waktu yang lama," ujar Handoko, pemilik bengkel Kukashimura Oto Parts yang berlokasi di Jalan Palmerah Barat, kepada KompasOtomotif, Rabu (22/7/2015).

Paling utama adalah cek kondisi oli mesin dan levelnya. Jika sudah berkurang sebaiknya ditambahkan, atau ganti dengan yang baru. Pergunakan oli dengan kualitas yang bagus agar mesin terjaga.

Untuk sepeda motor yang masih menggunakan karburator, wajib memerika dan membersihkan komponen ini. Sedangkan yang sudah berteknologi injeksi , bisa dilakukan dengan membersihkan saringan udara dan injektor  bensin, seperti layaknya service rutin.

Selanjutnya periksa kondisi kaki-kaki, dikhawatirkan ada kerusakan di bagian bearing karena seringnya sepeda motor menghantam jalan yang rusak. "Jika ditotal pemeriksaan sekaligus penggantian bearing dan oli sekitar Rp 150.000-an," ujar Handoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com