Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Pintar Ford Sahabat Pejalan Kaki

Kompas.com - 20/07/2015, 14:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Aachen, KompasOtomotif - Teknologi LED (Light-emitting Diode) dan laser telah tersedia untuk lampu depan, tapi Ford telah mengembangkan cara lain yang tidak kalah canggih. Menggabungkan beberapa teknologi, Ford membuat lampu depan yang dapat mendeteksi berbagi rintantangan, disebut Camera-Based Advanced Front Lighting System.

Teknologi itu terdiri dari kamera di depan mobil, sinar inframera, dan GPS (Global Positioning System). Sinar lampu dapat fokus ke pejalan kaki, pesepeda, atau hewan yang bisa saja “sembunyi” di sekitar jalan saat malam hari.

Fitur baru Ford ini dapat mengenali hingga delapan rintangan dalam satu kesempatan sejauh 120 m, berguna menambah kewaspadaan pengemudi. Hasil deteksi juga bisa dilihat di layar di dasbor mobil.

Car and Driver Camera-Based Advanced Front Lighting System.

Kamera berfungsi untuk mendeteksi marka jalan, sinar akan melebar untuk menambah visibilitas. Sedangkan GPS membantu mobil mempelajari rute yang sering dilewati pengemudi, lampu akan semakin terang di tikungan.

“Banyak orang yang mengemudi malam dapat bereaksi cepat bila seseorang atau sesuatu tiba-tiba muncul di jalan,” ujar Vice President of Research and Advanced Engineering Ford Motor Company, seperti diberitakan The Motor Report, akhir pekan lalu.

Camera-Based Advanced Front Lighting System dikembangkan oleh European Research and Innovation Centre milik Ford di Aachen, Jerman. Tidak lama lagi teknologi ini akan digunakan di mobil produksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com