Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Otonomos Google Kecelakaan, Tiga Orang Terluka

Kompas.com - 19/07/2015, 13:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Salah satu prototipe otonomos Google jenis Lexus RX450h terlibat kecelakaan pada awal 1 Juli lalu, seperti diberitakan AutomotiveNews,  Jumat (17/7/2015). Tiga orang penumpang terluka saat mobil itu ditabrak dari belakang oleh kendaraan lain.  

Kejadian terjadi ketika mobil berhenti saat lampu merah di dekat markas Google di salah satu persimpangan Mountain View, California. Penumpang yang terluka ada karyawan Google, dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk langsung diobati.

Google mengatakan, kecelakaan seperti ini baru terjadi pertama kali pada mobil otonomos. Perusahaan teknologi raksasa ini telah memulai pengembangan otonomos pada 2009, sejak saat itu prototipe yang beredar telah ditabrak 14 kali, 11 di antaranya benturan di belakang. Google mengatakan semua insiden bukan salah unit prototipe.

Medium Google Self-Driving Car

“Mobil otonomos kami secara mengejutkan sering ditabrak mobil lain yang teralihkan dan tidak memerhatikan jalan. Ini jelas temanya human error dan tidak perhatian,” kata Chris Urmson, Direktur proyek mobil otonomos Google dalam blognya .

Saat ini Google sedang menguji 23 unit prototipe Lexus dan dikatakan telah mencapai pengujian sejauh 1.6 juta km. Bulan lalu, Google telah menambah unit prototipe uji yang mirip Smart ForTwo di jalan umum di Mountain View dan Austin, Texas. Dibantu kesiapan pemasok komponen, Google memprediksi mobil otonomos akan siap pada 2020.

Berikut rekaman kejadian tabrakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com