Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Tabrak, Honda HR-V Raih 5 Bintang

Kompas.com - 18/07/2015, 09:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kajang, KompasOtomotif – Rapor Honda HR-V setelah diuji tabrak oleh New Car Assessment Program buat Asia Tenggara (ASEAN NCAP), mendekati sempurna. Dalam keterangan resminya, Kamis (16/7/2015), ASEAN NCAP menyatakan HR-V mendapatkan rating bintang 4 untuk perlindungan anak kecil dan orang dewasa.

Varian yang dites, 1.8L, kelahiran 2015, diproduksi dan dipasarkan di Thailand. Varian ini hanya memiliki Seatbelt Reminder (SBR) buat pengemudi, inilah penyebabnya HR-V tak bisa meraih lima bintang untuk perlindungan orang dewasa.

Sedangkan buat varian tertinggi yang dijual di negara lain seperti Indonesia (HR-V 1.8L Prestige) punya SBR untuk pengemudi dan penumpang depan. Versi inilah yang suskes menyabet rating 5 bintang.

KompasOtomotif Honda HR-V coba menaklukkan arena menantang di Pasir Berbisik, Bromo, Pasuruan, Jawa Timur

Di kawasan ASEAN, HR-V diproduksi di tiga negara untuk domestik, yaitu Thailand, Indonesia, dan Malaysia. Hanya Thailand yang punya kuota ekspor yakni ke Brunei Darusalam, Singapura, Kamboja, Laos, dan Filipina.

HR-V adalah model SUV kelima yang diuji oleh ASEAN NCAP, setelah Mitsubishi Pajero Sport (Juli 2013), Subaru XV (Juli 2013), Honda CR-V (Februari 2014), dan Suzuki S-Cross (Februari 2015). Secara keseluruhan hasil HR-V di atas Subaru dan Pajero Sport namun masih di bawah CR-V dan S-Cross.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com