Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicari, Kota dengan Tingkat Keselamatan Jalan Raya Tinggi

Kompas.com - 10/07/2015, 15:29 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sukses selama dua tahun penyelenggaraan, ajang penghargaan bagi pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia yang telah menerapkan program road safety terbaik bertajuk ”Indonesia Road Safety Award” (IRSA) kembali bergulir. Inilah komitmen dan kontribusi PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) untuk menekan tingkat kecelakaan di jalan.

IRSA 2015 kembali dilaksanakan demi mendorong seluruh elemen masyarakat terutama pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia agar selalu menerapkan program keselamatan jalan yang semakin baik demi mengurangi kecelakaan.

Pada tahun ketiga, partisipan meningkat 64 persen dengan kota atau kabupaten yang mendaftar mencapai 61 peserta. Setelah diseleksi para pakar keselematan berkendara di jalan, terpilih 16 kota dan kabupaten yang diberi gelar sebagai semifinalis.

”IRSA yang masih berusia dini ini semakin dikenal di Indonesia. Peningkatan jumlah peserta yang sangat tajam dihartapan bisa menjadi acuan bagi pemerintah kota dan kabupaten untuk mengevaluasi penerapan road safety,” ujar Indra Baruna dalam Kick Off IRSA 2015, Hotel Ritz Carlton Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, tertuang dalam rilis resmi Jumat (10/7/2015).

Hingga saat ini, IRSA 2015 tengah memasuki tahapan survei dan observasi lapangan dimana panitia terjun ke lapangan untuk melakukan cek data dengan kondisi lapangan sesungguhnya, sehingga didapatkan hasil sesuai dengan kondisi terkini dan maksimal.

Penganugerahan IRSA 2015 nanti akan kembali didukung berbagai pihak, seperti Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas POlri, Kementerian Kesehatan, Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, World Health Organisation, Global Road Safety Partnership, Road Safety Association, Masyarakat Transportasi Indonesia, dan berbagai pihak pemerintahan, swasta, atau lembaga sosial masyarakat lainnya.

Berikut 16 Besar 'Indonesia Road Safety Award

Kota dengan jumlah penduduk diatas 1 juta jiwa
1. Kota Tangerang Selatan
2. Kota Jakarta Selatan
3. Kota Tangerang
4. Kota Surabaya

Kota dengan jumlah penduduk dibawah 1 juta jiwa
1. Kota Sorong
2. Kota Tasikmalaya
3. Kota Balikpapan
4. Kota Probolinggo

Kabupaten dengan jumlah penduduk diatas 1 juta jiwa
1. Kabupaten Tasikmalaya
2. Kabupaten tangerang
3. Kabupaten Klaten
4. Kabupaten Jepara

Kabupaten dengan jumlah penduduk dibawah 1 juta jiwa
1. Kabupaten Pekalongan
2. Kabupaten Kudus
2. Kabupaten Karanganyar
4. Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com