Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Berkendara Asyik untuk Menerjang Arus Mudik

Kompas.com - 10/07/2015, 04:11 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

KOMPAS.com – Mobil pribadi merupakan salah satu alat transportasi pilihan masyarakat jelang mudik lebaran. Selain tingkat kenyamanan, mobil pribadi juga menjadi solusi jika tidak ingin repot membeli tiket kereta atau pesawat.

Penggunaan moda transportasi ini juga dirasa praktis untuk wisata keluarga di kampung halaman. Berdasarkan catatan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, pengguna mobil pribadi untuk mudik tahun 2014 lalu mencapai 1,59 juta. Angka ini diperkirakan akan naik sebanyak 5,80 persen pada 2015.

Data tersebut menunjukkan betapa semakin ramainya arus mudik dengan mobil pribadi tahun ini. Apabila tidak dipersiapkan dengan matang, bisa jadi malah tidak nyaman selama perjalanan.

Untuk itulah, jika Anda termasuk salah satu pemudik yang menggunakan mobil pribadi, berikut empat trik agar perjalanan Anda nyaman dan aman:

Atur barang pada tempatnya

Para pemudik biasa membawa barang tidak sedikit. Ditambah lagi barang milik keluarga atau oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman. Untuk itulah, demi menghindari mobil penuh dan sesak, Anda harus mengatur barang sesuai kebutuhan.

Letakkan barang yang akan digunakan selama perjalanan di tempat terjangkau dan sisanya di bagasi. Membawa banyak beban pada mobil akan membuat kerja mesin semakin berat dan menguras bahan bakar. Tinggalkan barang yang tidak perlu di rumah untuk mengurangi bobot berlebih dan menyediakan ruang lebih nyaman bagi Anda serta keluarga.

Waspada berkendara

Untuk menempuh perjalanan jauh, Anda harus tahu kapasitas diri ketika berkendara. Jika Anda termasuk orang yang mudah lelah, ada baiknya menyewa sopir atau ajak saudara untuk menyetir bergantian. Lebih baik tidak memaksakan diri jika merasa kurang enak badan atau mengantuk.

Kenali kondisi medan dan biasakan untuk menaati peraturan yang berlaku. Di masa jelang lebaran, jalanan macet itu sudah biasa. Untuk itulah, perhatikan waktu berangkat sehingga Anda tidak perlu salip kanan dan kiri untuk lebih cepat sampai tujuan.

Selalu waspada saat berkendara. Jaga jarak aman mobil Anda dengan kendaraan lain di jalan dan hindari konflik dengan pengendara lainnya. Ingat, sanak saudara menunggu di kampung halaman.

kompasiana.com Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi

Ketahui rest area dan medis

Tentu saja, meskipun sedang menempuh jalur mudik yang sama setiap tahunnya, usahakan Anda tetap teliti mengetahui lokasi perisirahatan dan posko kesehatan terdekat. Bawalah peta bersama Anda dan tandai titik-titik yang dibutuhkan dengan manfaatkan aplikasi di ponsel pintar Anda.

Saat ini banyak aplikasi yang dapat memberikan info bermanfaat semacam itu, contohnya aplikasi “Otocare”. Fitur 'Near Me' pada aplikasi Otocare memungkinkan Anda lebih mudah mencari lokasi berbagai fasilitas umum, antara lain posko mudik, apotek, supermarket, SPBU, rumah sakit, Garda Center, dan kantor cabang Asuransi Astra. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Play Store atau App Store.

Selain itu, gunakan gadget untuk mengakses peta agar lebih mudah dan praktis. Peta ini juga berguna jika rute yang dilalui terkena macet parah sehingga Anda terpaksa menempuh jalur yang asing.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com