Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Aplikasi Buatan Polri untuk Pantau Kemacetan Jalur Mudik

Kompas.com - 09/07/2015, 14:38 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Selain menyusun strategi pengurai kemacetan di berbagai jalur mudik dan antisipasi mengurangi kecelakaan di sejumlah ruas, Korlantas Polri juga menyiapkan alat bantu baru. Penggunaan CCTV dan helycam bakal dibantu dengan aplikasi khusus untuk ponsel, yang bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai pemandu saat melakukan perjalanan mudik.

Aplikasi khusus bernama iBolz NTMC TV itu sudah diluncurkan pada Juni lalu oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono, dan saat ini bisa diunduh gratis. Layanan ini hanya tersedia untuk ponsel berplatform Android.

captured via mobile application Tampilan peta mudik terintegrasi dengan spot CCTV.

”Banyak informasi dari sini, termasuk peta mudik, sampai jalur macet. Aplikasi juga terintegrasi dengan 442 titik CCTV Korlantas Polri, dan bisa ditayangkan juga dari aplikasi ini. Misalnya mau lewat jalur A, klik gambar CCTV di jalur itu, akan kelihatan situasinya real time," kata Kombes Pol Istiono, Kabag Ops Korlantas Polri.

Istiono mengatakan, aplikasi ini dibuat oleh orang Indonesia, mengintegrasikan peta mudik dengan kualitas gambar yang baik. Namun, Istiono menjamin bahwa aplikasi tidak makan banyak bandwith dan mudah digunakan untuk para pengguna ponsel.

"Ini bukan cuma untuk mudik, melainkan juga bisa digunakan kapan saja. Mungkin akan sangat berguna bagi yang tidak membawa peta mudik," kata Istiono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com