Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendekati 3 Jagoan Moge BMW di Indonesia

Kompas.com - 09/07/2015, 13:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kendati menyatakan menjual 22 model moge, namun BMW Motorrad Indonesia (Maxindo Moto) berfokus pada tiga model. Ketiganya mewakili karakter konsumen yang berbeda dan berasal dari keluarga yang tak saling berhubungan. Tiga model itu adalah BMW R1200 GS Adventure, R nineT, dan R1200R.

Bagi yang suka touring dan bertualang, R1200GS Adventure bisa menjadi pilihan pas. Namun untuk yang suka gaya di jalan aspal, ada R NineT yang menarik perhatian. Beda lagi buat yang gandrung sepeda motor sport, ada pilihan R1200R yanng galak

BMW R 1200 GS Adventure

Model ini masih melanjutkan tradisi yang sama, membangun karakteristik dinamis dengan kemampuan off-road sangat baik. Inilah sepeda motor adventure paling populer di dunia, sebagai solusi para penjelajah, pengendara, dan penggemar ketahanan.

R1200GS Adventure baru didukung mesin air/liquid-cooled boxer 1.170 cc dengan tenaga 125 tk @7.750 rpm. Fitur yang menonjol adalah sistem pendingin baru yang menggunakan air, bukan minyak (cooling agent). Selain itu, alur aliran mesin vertikal demi tenaga lebih efisien, serta girboks 6-percepatan yang terintegrasi dalam rumah mesin bersama dengan kopling basah.

KompasOtomotif-donny apriliananda BMW R1200GS Adventure dan BMW R1200RR, mewakili karakter petualang dan raja jalanan.

BMW R nineT

Model ini diciptakan untuk menandai 90 tahun BMW Motorrad. R NineT memadukan karakter keras mesin boxer dan ciri-ciri desain dari berbagai era sepeda motor dengan teknologi mutakhir dan konsep modular.

Seperti sepeda sepeda motor era 1923, yakni BMW R32 yang legendaris, R nineT baru tetap menggunakan mesin boxer flat twin klasik dengan karakter hentakan kuat dari kondisi diam. Dasar konstruksi ini telah identik dengan desain klasik-modern. R nineT menggunakan mesin air/oil-cooled boxer 1,170 cc bertenaga 110 tk @7.750 rpm, torsi maksimum 119 Nm @6.000 rpm.

BMW R1200R

Mesin flat-twin boxer pada R1200R baru menghasilkan 125 tk @7.750 rpm dan torsi puncak 125 Nm @6.500 rpm. Dibandingkan mesin pendahulunya, torsi maksimal disebar di semua rentang putaran mesin.  Gas buang disalurkan melalui sistem pembuangan 2-in-1 dengan peredam belakang yang menukik dengan tampilan dinamis.

Airbox  yang diubah dan air-intake snorkels baru, serta radiator diposisikan secara terpusat, membuat siluet depan ramping seperti didambakan para roadster.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com