Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usaha Ekstra Pelumas Merek Lokal Rebut Pasar

Kompas.com - 08/07/2015, 16:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Distribusi pelumas kendaraan di Indonesia masih didominasi merek-merek internasional. Itulah sebabnya, butuh usaha ekstra bagi pemain lokal untuk bersaing. Kendati demikian, tak sedikit merek-merek lokal yang bertahan, dan justru mencatatkan pertumbuhan di tengah persaingan yang sangat ketat.

Ivan Rastianto, Manajer Pemasaran PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) sebagai pemrodusen pelumas merek Evalube mengatakan bahwa soal fanatik merek, brand internasional masih tinggi.

”Khususnya pelumas untuk mobil, setelah kami lakukan riset, bahkan pemilik mobil-mobil kelas low banyak yang pilih brand internasional. Butuh usaha ekstra untuk merek lokal seperti kami di segmen ini,” ujar Ivan kepada KompasOtomotif, Selasa (7/7/2015).

Beda cerita ketika menginjak ranah roda dua. Meski ada sebagian orang yang fanatik merek, namun ada juga sebagian orang yang tidak mempertimbangkan hal tersebut. WGI dan Evalube bermain di segmen ini lebih banyak, terutama selepas masa garansi sepeda motor baru selesai.

”Biasanya saat masa garansi, pelumas masih menggunakan rekomendasi pabrik. Setelah itu dibebaskan. Di sinilah kami bermain dan perang bersama merek lain,” ujar Ivan.

Komunitas

Itulah kenapa, menurut Ivan, komunitas sepeda motor bisa menjadi corong. Strategi lain yang digunakan adalah melakukan pertemuan distributor dan outlet.

Menyambut Ramadhan tahun ini misalnya, Evalube getol mengumpulkan komunitas biker dalam ajang Bikers Sebar Kebaikan Ramadhan Bersama Evalube. Setelah sukses di Bandung, giliran Yogyakarta (3/7/2015) dan Surabaya (5/7/2015).

Ratusan biker di masing-masing kota ternyata mendatangi ajang ini di luar ekspektasi. Tak hanya berkumpul, mereka beramai-ramai berbuka puasa serta menyerahkan bantuan untuk anak-anak yatim piatu dari panti asuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com