Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini bila Mudik Pakai Mobil Diesel

Kompas.com - 07/07/2015, 10:43 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Mudik ke kampung halaman pasti identik dengan perjalanan panjang dan lama serta macet parah. Kondisi kendaraan atau mobil harus benar-benar prima agar perjalanan tidak terganggu. Lalu, bagaimana jika mudik dengan menggunakan mobil bermesin diesel?

Pengguna mobil diesel, ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan seputar kondisi kendaraan. Terlebih bila ingin melakukan perjalanan mudik. Pada dasarnya, perawatan mobil  diesel lebih sederhana daripada bensin.

"Khusus mesin diesel sebelum jalan jauh perlu melakukan pengecekan filter udara dan saringan bahan bakar, bila sudah kotor langsung ganti dengan yang baru," ujar Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia Arifani Perbowo, saat berbincang dengan Otomania, awal Juli lalu.

Salah satu cara mengenali mobil diesel bermasalah, kata Arifani, bisa dirasakan melalui kesan tarikan gas yang berat serta asap gas buang yang terlampau tebal. Perhatikan! Kalau sudah mengalami kondisi ini, segera pergi ke bengkel dan lakukan pengecekan. Selain akibat saringan udara dan bensin yang kotor, gejala ini juga bisa terjadi karena injektor tidak bersih.

"Untuk mesin diesel modern yang sudah banyak digunakan model-model baru, biasanya sudah dilengkapi dengan turbo. Untuk menjaga tarikan kendaraan tetap prima, biasakan setiap servis berkala, minta mekanik untuk memeriksa kondisi injektor, apalagi untuk mobil dengan jarak tempuh lebih dari 40.000 km. Kalau kotor minta bersihkan dengan injector cleaner saja," ucap pria yang akrab disapa Ape ini.

KompasOtomotif Ilustrasi Filter Solar
SPBU

Faktor lain yang paling berpengaruh dalam perjalanan mengendarai mobil diesel adalah mencari lokasi SPBU yang tepat di jalan. Maklum, pemerataan kualitas bahan bakar diesel belum terlaksana dengan baik di Indonesia.

Nah, guna mengurangi risiko mengonsumsi solar buruk, ada cara mudah untuk melakukannya. "Mungkin sedikit susah mencarinya, tapi usahakan mencari pom bensin yang ramai saat melintasi kota besar, dan supaya mobil tetap prima saat akan melakukan perjalanan balik ke Jakarta cek lagi kondisinya," ucap Ape.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com