Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up 2015

Avanza Jadi “Saksi” Bandung Lautan Api

Kompas.com - 06/07/2015, 04:14 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Menunggu hasil PT Toyota Astra Motor (TAM) mendandani Avanza dalam konsep facelift bisa jadi masih harus sabar sebulan, tapi sebenarnya ada cara lain mengubah “mobil sejuta umat” itu agar tampil beda. Akhir pekan lalu di Bandung, aksi coret-coret peserta Avanza Pop You Up seperti mengubah Avanza menjadi kanvas, seluruh bodi seakan menjadi “korban” tema “Bandung Lautan Api”.

Sebenarnya, coret-coret itu bukan keisengan tangan tanpa makna, tapi berupa doodle art. Sebelum aktivitas dimulai, seniman lepas Irvine Jasta, memberi pengarahan kepada 10 kelompok peserta tentang pengertiannya.

Dijelaskan, doodle berarti menggambar lepas tanpa makna, namun ketika masuk ke konsep art (seni) artinya sudah punya nilai lebih. “Intinya coret-coretan tanpa makna, tapi gimana caranya kita buat semua gambar menyatu dan punya arti,” kata Irvine.

Bodi Avanza dibagi menjadi 10 bagian untuk 10 kelompok, khusus untuk kap mesin dikerjakan sendiri oleh Irvine. Tema yang diusung sesuai lokasi keempat penyelenggaraan Avanza Pop You Up 2015, Bandung Lautan Api, sekaligus selaras dengan tema besar yakni merayakan hari kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia.

Febri Ardani Hasil doodle art bertema

Hasil usaha 10 kelompok unik, usaha mereka dilakukan dengan kegembiraan kendati hampir semuanya baru menggenal doodle art. Di beberapa bagian terlihat lukisan kota Bandung dan berbagai gambar api. Tapi ilustasi paling bagus dibuat oleh Irvine, buah tangannya menghasilkan monumen Bandung Lautan Api dan pejuang memegang senjata.

Bandung Lautan Api terjadi pada 23 Maret 1946, saat itu penduduk Ibu Kota Jawa Barat ini membakar kota dan meninggalkan rumah mereka agar mencegah pasukan Sekutu bisa mengubah Bandung menjadi markas strategi militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia. Kini, Avanza seperti "disulap" sebagai peringatan peristiwa itu.

Personalisasi Avanza dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan karakter pemiliknya. Kadar ubahan tak perlu berat, bisa saja ringan seperti menggunakan teknik doodle art. Hal seperti inilah yang ditonjolkan di Avanza Pop You Up, hasil kreativitas yang dipamerkan diharapkan bisa menebar inspirasi.

“Kami berharap Avanza Pop You Up ini dapat menjadi inspirasi bagi pengguna Avanza lainnya untuk mencerminkan karakter di mobil Avanzanya masing-masing dan menjadi mobil kebanggaan mereka,” tutur General Manager TAM, Widyawati Soedigdo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com