Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Aplikasi Ponsel untuk Tingkatkan Keterampilan Mengemudi

Kompas.com - 05/07/2015, 18:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Aplikasi ponsel unik kembali diciptakan untuk membantu mengurangi angka kecelakaan. Giliran asuransi AXA Indonesia mengenalkan AXA Drive, aplikasi yang bisa digunakan mengukur keterampilan mengemudi. Teknologi telematika dan sensor gerak dibenamkan untuk merekam dan menganalisa tiga komponen, yakni akselerasi, pengereman, dan manuver.

Aplikasi yang dikembangkan oleh AXA Group ini menggunakan peta yang telah disesuaikan dengan kondisi lalu lintas di Indonesia. Aplikasi juga memungkinkan pengguna untuk mengatur profil dan menampilkan nilai di pada sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Google+ maupun pesan melalui SMS (Short Message Service) dan WhatsApp untuk mendapatkan badges dan mengundang teman – teman sebagai pengguna baru.

Pada akhir perjalanan, pengendara akan mendapatkan penilaian akhir berdasarkan cara mengemudi yang dilengkapi dengan peta perjalanan. Pengendara juga bisa mendapatkan tips–tips mengemudi yang baik dan aman. Semua petunjuk bisa digunakan untuk mengevaluasi diri dan meningkatkan skill berkendara dari waktu ke waktu.

”Pada dasarnya aplikasi ini membantu mengurangi salah satu faktor terjadinya kecelakaan yang dominan, yakni faktor manusia. Diharapkan aplikasi AXA Drive dapat meningkatkan kesadaran pengendara agar menjalankan kendaraan dengan aman,” ujar Paul-Henri Rastoul, President Director and CEO PT Asuransi AXA Indonesia dalam siaran resmi (1/7/2015).

AXA Drive telah tersedia dan dapat diunduh di App Store untuk pengguna iOs dan Google Play untuk pengguna Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com