Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Modifikasi Paling Populer di Afsel

Kompas.com - 05/07/2015, 14:11 WIB
Johannesberg, KompasOtomotif - Salah satu yang menarik ketika Anda mengunjungi negara lain, adalah memperlajari kebiasaan warga di sana. Nah, bicara soal otomotif, tren modifikasi mobil pribadi yang menjangkit hampir ke seluruh pemilik di seluruh Afrika Selatan tentu menarik untuk diamati.

Dalam pantauan langsung KompasOtomotif dalam empat hari kunjungan bersama Datsun Indonesia ke Afrika Selatan, pekan lalu, terlihat kalau ada satu modifikasi yang relatif populer di kalangan pemilik mobil pribadi. Modifikasi ini sifatnya praktis sekaligus membantu keberlangsungan kegiatan si pemilik kendaraan sendiri.

Adalah aksesori pengait atau hook yang biasa digunakan untuk mengaitkan tali atau menderek kendaraan lain. Aksesori ini aplikasi di bagian tengah bemper belakang pada hampir semua jenis mobil pribadi yang beroperasi di jalan, mulai dari city car, sedan, SUV, sampai pikap.

Ternyata, aplikasi pengait ini biasa digunakan untuk menarik cargo box trailer yang diderek di belakang kendaraan. Kargo ini bentuknya kompak, berguna untuk menaruh barang bawaan yang tidak muat di bagasi atau sengaja tidak mengorbankan keluasan kabin untuk mengangkut orang.


Agung Kurniawan/Kompas.com Diaplikasi untuk menarik trailer di belakang mobil.

"Sangat populer menarik kargo seperti ini di Afsel, semua orang melakukannya. Lebih ringan menarik ketimbang menaruh kargo di atap kendaraan, membuat bobot mobil jadi berat. Selain itu menderek kargo juga bebas, tidak perlu ada izin khusus," jelas Jerry Ntsele, pemandu wisata rombongan kami.

Boleh jadi, ini jadi alternatif baru untuk menunjang perjalanan mudik yang biasanya mengakut barang bawaan banyak ke kampung halaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com