Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaknya Datsun Go Rally di Sirkuit Balap

Kompas.com - 05/07/2015, 07:27 WIB
Johannesberg, KompasOtomotif - Dalam perjalanan liburan bersama pemenang Datsun GO Xplore Your Style Digital Contest ke Afrika Selatan, rombongan juga diajak untuk menyaksikan kebolehan dari Datsun Go Rally. Mobil ini merupakan hasil modifikasi dari 30 sukarelawan terpilih memanfaatkan pusat fasilitas Nissan Techical Centre di Jepang dalam enam bulan.

Hasilnya, Datsun Go yang selama ini dikenal dengan istilah "mobil murah" luntur. Mobil kompak ini berhasil mentransformasikan diri menjadi sosok yang tangguh di lintasan balap. Konsep modifikasi ini sukses menjadikan Datsun Go jadi mobil balap reli yang tangguh.

Dari perjumpaan pertama kali kami di sirkuit tes Gerotek, Pretoria, Afrika Selatan, Kamis (2/7/2015), Datsun Go Rally terlihat ciamik, lewat permainan grafis di sekujur bodinya di dominasi kelir biru, merah, dan putih. Pelek Enkei 16 inci berkelir putih dengan cakram lebar dan kaliper rem dari Endless menambah aura sporty jadi makin kental.

Agung Kurniawan/Kompas.com Sudah dielngkapi roll cage dan sabuk keselamatan 4 titik standar balap.
Penopang bodi memanfaatkan suspensi dari Ohlins yang bisa diatur tingkat kekerasan dan ketinggiannya. Sentuhan manis juga dilakukan dengan memanfaatkan paket spoiler resmi bawaan pabrik, membuat Datsun terlihat tetap bersahaja.

Data resmi Datsun, menyebutkan kalau mobil global ini juga sudah mendapatkan sentuhan penguatan struktur bodi, termasuk tambahan roll cage. Knalpot menggunakan header dan disebutkan kalau mesin HE12DE juga sudah mengalami peningkatan tenaga. Rasio transmisi juga diperpendek sehingga lebih responsif.

Di dalam, sepasang jok "bucket" dari Recaro, setir bergaya Deep Cone, dan sabuk keselamatan empat titik, jadi pelengkap mobil reliini.

Agung Kurniawan/Kompas.com Mesin diklaim masih standar, meski sudah mendapat beberapa sentuhan penambahan tenaga yang tidak dijabarkan Datsun.
Dalam kesempatan ini, Datsun Indonesia juga mengajak pemenang Datsun GO Xplore Your Style Digital Contest dan tiga jurnalis untuk merasakan sensasinya. Duduk di bangku samping pebalap profesional Jacks Jacobs, kami ditantang untuk merasakan langsung di lintasan tes Gerotek khusus untuk mobil reli.

Agung Kurniawan/Kompas.com Pemanfaatan spoiler resmi bawaan pabrik, membuat Datsun Go Rally tetap bersahaja.

Mau tahu seperti apa kebolehannya? Simak video berikut ini!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com