Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Baru Proton Berbasis Suzuki Celerio

Kompas.com - 30/06/2015, 15:55 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Informasi yang beredar tentang mobil kompak terbaru Proton hasil kolaborasi dengan Suzuki memang masih sedikit, tapi rumor dan spekulasi sudah mulai beterbaran di internet. Sepertinya rasa penasaran buat model segmen A itu memancing aksi Theophilus Chin, ahli rendering asal Malaysia ini menciptakan terkaan model yang menarik untuk disimak.

Chin mengatakan basis model kompak baru Proton bukanlah Karimun Wagon R seperti terlihat di rendering sebelumnya, melainkan Celerio yang baru saja meluncur di Indonesia pada awal Juni ini.

Chin mengubah penampilan asli Celerio hingga mengadopsi bahasa desain Proton termasuk memasang lambang bergambar Harimau yang khas di gril depan. Sepertinya model ini bukan hanya rebadge Celerio, ada sedikit ubahan pada bemper depan, pelek, tambahan skid plate, dan fender hitam seperti gaya SUV. Model baru ini disebut Proton Aria.

Paultan.org Interior Proton Aria mirip Suzuki Celerio.

Bukan cuma eksterior, Chin juga menebak rupa interior. Sebagian besar mirip Celerio, tapi terlihat perbedaan di instrument cluster, kemudi, serta material pelapis.

Indonesia dan Thailand boleh jadi sedang berebut menjadi basis produksi mobil di Asia Tenggara, namun meski lambat Malaysia terus memperkuat posisinya sebagai satu-satunya negara di regional yang punya merek nasional, Proton.

Pada pertengahan Juni ini nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian lisensi antara Suzuki Motor Corporation dan DRB-Hicom sebagai pemilik Proton Holdings Bhd, telah ditandatangani. Salah satu isi kesepakatan itu Proton bisa mengakses teknologi otomotif Suzuki untuk menciptakan mobil baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com