Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up 2015

Panduan Ubahan Ringan Avanza Luar-Dalam

Kompas.com - 26/06/2015, 03:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mengubah mobil menjadi lebih personal tidaklah rumit. Cukup dengan langkah sederhana namun terkonsep, hasilnya bisa tetap maksimal. Ubahan simpel juga tak mengancam gugurnya garansi, seperti yang selama ini para pemilik mobil takuti.

Menurut Boy Beding, salah satu juri dan pembicara Avanza Pop You Up, dalam roadshow di Makassar belum lama ini, sebenarnya tidak ada batasan untuk mengubah eksterior dan interior, terutama soal garansi. Prinsipnya sama, selama personalisasi tidak mengganggu fungsi komponen lain, ubahan boleh dilakukan.

”Paling gampang misalnya personalisasi dilakukan dengan pemasangan stiker pada bodi. Namun harus hati-hati juga, meski tidak mempengaruhi fungsi, namun andai terjadi kerusakan cat akibat lem dari stiker, otomatis kerusakan ini tidak bisa di-cover garansi,” ujar Boy.

Mengubah penampilan dengan pemasangan stiker bodi kini sedang tren. Warna bodi yang glossy banyak yang diubah lebih dof dengan stiker. Bahkan tren yang diciptakan Toyota dalam Avanza Pop You Up adalah memasang stiker putih lalu dicoret-coret sebagai bentuk dari doodle art. Saat bosan, stiker dilepas dan diganti dengan warna atau gambar lain sesuai selera.

Bagaimana dengan interior? Tidak jauh beda. Menurut Wong, pemenang Avanza Pop You Up musim lalu, ubahan interior seharusnya yang ringan-ringan. Apalagi mobil-mobil sekarang sudah memberikan kualitas interior yang mumpuni, salah satunya Avanza.

”Jangan sampai mengurangi fungsionalitas. Misalnya, pada mobil saya, menggunakan panel motif marmer pada panel pintu, pemasangan kamera DVR di kaca depan untuk faktor keamanan berkendara, dan penggantian lampu plafon dengan model plasma,” ujar Wong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com