Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Chevrolet Trax Bersaing dengan HR-V dan Rush-Terios

Kompas.com - 23/06/2015, 09:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — General Motors (GM) Indonesia kemungkinan besar bakal meluncurkan Chevrolet Trax pada Agustus mendatang. Lantas, berapa harga crossover pesaing Honda HR-V 1.5L, Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Ford EcoSport itu di Indonesia?

Bila ditengok dari negara asal produksi, Korea Selatan (Korsel), Trax dilego 19,55 juta won atau bila dikonversikan menjadi sekitar Rp 236 juta. Menurut salah satu sumber internal GM Indonesia, distribusi unit impor utuh (CBU) dari Korsel ini akan didukung perjanjian kerja sama Indonesia dan Korsel dalam klausul ASEAN-Korea Free Trade Area (AKFTA). Dengan begitu, harga Trax bisa ditekan.

"Harganya di bawah Rp 300 juta," sebut sumber tersebut, saat acara buka puasa bersama GM Indonesia di Jakarta, Senin (22/6/2015).

Perjanjian perdagangan bebas sebenarnya juga telah dimanfaatkan oleh GM Indonesia untuk MPV medium Chevrolet Orlando yang diimpor utuh dari Korsel. Di Negeri Ginseng, Orlando dijual 20,69 juta won atau sekitar Rp 250 juta. Di Indonesia, Orlando "cuma" dijual lebih mahal Rp 49 juta, menjadi Rp 299 juta.

Bila menelaah model-model Chevrolet yang dijual di dalam negeri, kita akan mendapati kekosongan harga jual di antara tipe Spin tertinggi, Activ LTZ, yakni Rp 211,2 juta dan Orlando Rp 299 juta. Bisa jadi, Trax akan mengisi celah itu, di rentang harga yang bersaing bersama Honda HR-V 1.5L Rp 246–Rp 291 juta; Toyota Rush Rp 228,7–Rp 252,25 juta; Daihatsu Terios Rp 186–Rp 243 juta; dan Ford EcoSport Rp 218,6–Rp 271,3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com