Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Max ”Roman Emperor” Biaggi Balapan Lagi

Kompas.com - 18/06/2015, 13:24 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Misano, KompasOtomotif – Max Biaggi kembali naik di atas jok Aprilia RSV4 bersama Aprilia Racing Team-Red Devils di dua seri WSBK 2015. Para penggemarnya bakal kembali menyaksikan aksi pebalap yang dijuluki The Roman Emperor itu akhir pekan ini, Minggu (21/6/2015), di Sirkuit Misano, Italia, serta awal Agustus di Sepang, Malaysia.

Sudah sekitar dua setengah tahun juara dunia enam kali itu memutuskan gantung jaket balap di usia yang menginjak 41 tahun. Biaggi mengakhiri karir di lintasan saat prestasinya berada di puncak kejayaan, sukses menjadi jawara WSBK pada 2012 silam.

Kendati pensiun, sama seperti pebalap lain, hubungan erat dengan dunia balap dan tim terakhir masih mesra. Hingga akhirnya Biaggi tak bisa menampil saat Aprilia meminta dirinya kembali balap untuk mengetes komponen dan teknologi baru.

Biaggi pun mengatakan kepada penyelenggara WSBK bahwa tak ada tekanan sama sekali saat mengikuti empat balapan nanti (masing-masing seri ada dua balapan di WSBK). ”Momen ini harus dinikmati sebisa mungkin, dan karena itulah tekanan hilang secara otomatis,” kata Biaggi.

Pria yang saat ini berusia 43 tahun itu mengatakan bahwa referensi dirinya untuk comeback adalah Troy Bayliss. Legenda asal Australia itu sukses meraih posisi tertinggi ke-9 saat membalap di seri pertama dan kedua WSBK di Australia dan Thailand.

”Tapi tujuan saya bukan menyamai atau mengalahkan performa comeback Bayliss. Saya harus realistis untuk tidak menarget pada limit tertentu. Biarkan insting yang bekerja,” kata Biaggi.

Tentu, kembalinya salah satu legenda balap Italia itu sudah sangat dinanti para penggemar yang tak kalah banyak dibandingkan Valentino Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com