Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Pemilik Vespa Sedunia "Kopi Darat" di Kroasia

Kompas.com - 17/06/2015, 12:51 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Biograd, KompasOtomotif – Lebih dari 18 juta Vespa dari seluruh dunia dan jutaan pecinta Vespa dari lima benua tumpah ruah di Biograd, Kroasia, 11-14 Juni 2015 lalu. Di situlah, para pecinta sepeda motor khas dari Italia itu membanjiri Vespa World Days, ajang yang paling ditunggu untuk mempertemukan para pemilik Vespa.

Di salah satu kota indah dengan pemandangan Laut Adriatik, Kroasia itu, mereka menghabiskan waktu selama empat hari, merayakan nilai berharga yang selalu menginsipirasi dunia Vespa, yakni persahabatan, musik dan kecintaan terhadap perjalanan.

Agenda ini mengulang sukses tahun lalu, saat Italia menjadi tuan rumah Vespa World Days 2014. Semakin banyaknya yang datang membuktikan antusiasme terhadap Vespa tidak mengenal batas dan tersebar di seluruh dunia.

Vespa World Days 2015 dimulai dengan pembukaan Desa Vespa, terletak di tengah kota Biograd, dan menjadi jantung acara. Biograd juga merupakan garis awal dan garis akhir bagi berbagai kegiatan yang dijadwalkan oleh panitia di sepanjang pantai Adriatik.

Vespa Indonesia Berbagai komunitas Vespa datang dari seluruh dunia di Vespa World Days.

Keseluruhan program mencakup kesempatan untuk mengunjungi Museum Vespa, dimana koleksi pribadi  Vespa langka dipajang dan diselenggarakan di Zara.

Tahun ini, puncak acaranya adalah upacara penghargaan kepada pemenang Piala Vespa. Ini adalah kompetisi bagi Vespa petualang dimana mereka harus mendokumentasikan seluruh pemberhentian dari perjalanan mereka menuju Biograd dengan foto dan stempel di buku perjalanan mereka.

Perayaan tahun 2015 berlangsung tepat 57 tahun sejak pertama kali diadakan di Belgia dengan nama Eurovespa, kemudian berganti nama menjadi Vespa Worlds Day sejak tahun 2007. Sebelumnya perayaan ini merupakan bagian dari acara Expo tahun 1958, the Bruxelles World's Fair.

Berikut gambaran suasana acara serupa setahun sebelumnya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com