Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meraba Kelengkapan Skutik Merek Jepang Rasa Eropa

Kompas.com - 17/06/2015, 11:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Awal Juni 2015, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing meluncurkan Grand Filano, skutik CBU asal Thailand yang hanya akan dijual 350 unit sepanjang tahun. Beberapa hari setelah meluncur, KompasOtomotif berkesempatan untuk ”meraba rasa” skutik berbadan gendut dan lebar ini.

Melihat penampakan sekitar bodi cukup berbeda dibandingkan skutik yang ada di pasaran. Dek sudah mengakomodasi kemudahan, misalnya posisi mulut lubang tangki bahan bakar. Cukup tekan tombl dekat kunci, tak perlu turun dari sepeda motor, tutup tangki akan terbuka dan siap diisi.

Di sekitar kunci juga terdapat tombol untuk membuka jok. Pengaman kunci (secure key shutter) akan beroperasi ketika kunci ditekan lama. Anak kuncinya sendiri dilengkapi tombol answer back system, memudahkan pemilik mencari posisi sepeda motor di parkiran.

KompasOtomotif-donny apriliananda Kemudahan yang diberikan dalam dek. Bagasi cukup luas, berkapasitas 27 liter.

Saat jok dibuka, bagasi tampak luas, diklaim berkapasitas 27 liter. Bagian ini dilengkapi lampu kecil di sisi kiri untuk menerangi ruang penyimpanan saat dibuka malam hari atau kondisi sekitar gelap. Namun meski besar, helm full-face tak bisa dipaksakan masuk di sini.

Tengok speedometer, diterapkan perpaduan penunjuk kecepatan analog dan info digital. Cukup lengkap, area ini menyajikan informasi sisa bahan bakar, jam, odometer, trip meter, hingga indikator berkendara efisien (eco).

Salah satu yang menarik, pijakan kaki penumpang belakang tersembunyi, namun cukup dengan menekannya agar tersembul keluar.

Bagaimana rasa menungganginya? Ada yang beda? KompasOtomotif akan membahas dalam artikel selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com