Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momok Baru dengan Nama Besar di Balapan Le Mans

Kompas.com - 16/06/2015, 13:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Le Mans, KompasOtomotif – Ford mengumumkan comeback di salah satu ajang balap mobil paling bergengsi di dunia, 24 Hours of Le Mans. Merek asal Amerika Serikat ini datang kembali dengan All-New Ford GT untuk mengenang 50 tahun kemenangan tim yang dicetak pada 1966.

Mobil balap Ford GT akan bersaing di ajang yang kerap disebut sebagai Grand Prix of Endurance and Efficiency (ketahanan dan efisiensi) mulai tahun depan. Kelas yang akan diikuti adalah Le Mans GT Endurance class (kelas ketahanan) untuk tim dan pengemudi professional (LM GTE Pro).

Mobil balap baru ini diwujudkan dari all-new Ford GT supercar yang sudah diungkap Januari 2015 lalu. Versi produksi massal dan balap akan hadir pada 2016 untuk menandai peringatan ke-50 dari kemenangan mobil balap Ford GT yang menyapu bersih podium saat itu. Ford kemudian mengulang kemenangannya di Le Mans pada 1967, 1968, dan 1969.

”Ketika GT40 berkompetisi di Le Mans pada 1960, Henry Ford II berusaha membuktikan bahwa Ford bisa mengalahkan produsen paling legendaris dari balap ketahanan. Kami masih bangga telah memenangkan balap ikonik ini selama empat tahun berturut-turut, dan semangat yang sama di balik inovasi Ford GT pertama itu masih mendorong kami hingga hari ini," kata Bill Ford, Executive Chairman, Ford Motor Company dalam siaran resmi, Senin (15/6/2015).

All-New Ford GT akan mengikuti jadwal penuh pada 2016 dari FIA World Endurance Championship dan TUDOR United SportsCar Championship, dimana debut kompetisi akan dilakukan Januari 2016 di Rolex 24 At Daytona, Florida. Kedua tim Ford akan dioperasikan oleh Chip Ganassi Racing with Felix Sabates (CGRFS). Kedua tim berniat untuk bersaing dengan empat mobil di Le Mans. Sementara pebalap akan diumumkan kemudian.

Sementara itu, mobil balap Ford GT akan menampilkan sejumlah inovasi yang dipercaya tidak hanya akan membuatnya kompetitif di LM GTE Pro, tapi juga diposisikan untuk memberikan manfaat bagi setiap kendaraan Ford. Termasuk di dalamnya soal aerodinamika, komposit ringan, sasis kaku namun ringan, dan daya serta efisiensi teknologi EcoBoost.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com