Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up 2015

Warna-Warni Avanza Pop You Up dari Yogyakarta

Kompas.com - 16/06/2015, 06:49 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Yogyakarta, KompasOtomotif - Toyota Astra Motor (TAM) kembali menggulirkan program yang menjadi wadah berkumpulnya para pengguna Avanza yang telah dipersonalisasi, tapi tetap ramah kenyamanan dan keamanan di Jogja City Mall, Sabtu (13/6/2015). Total sepuluh pemilik "mobil sejuta umat" ini datang dengan sentuhan yang berbeda.

Menariknya, dari sepuluh peserta yang ikut acara ini, semuanya mengeksplorasi penggunaan cutting sticker di seluruh bodi Avanza. Personalisasi ini sengaja dipilih karena sesuai dengan anjuran modifikasi ringan dari pabrikan di ajang Avanza Pop You Up. Hasilnya, tercipta sepuluh Avanza "warna-warni" yang banyak mengundang perhatian pengunjung salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta ini.

Boy Beding, pengamat otomotif dari salah satu media nasional mengatakan, membuat personalisasi mobil yang populasinya besar di Indonesia menjadi salah satu cara untuk tampil beda. Ubahan ini, harus cerdik sehingga tak mengorbankan garansi pabrikan yang merupakan hak bagi konsumen.

"Paling mudah itu melakukan ubahan pada bagain eksterior. Selain tak mengubah fungsi dan menyentuh ranah teknis mobil itu sendiri," jelas Boy di Yogyakarta, Sabtu (13/6/2015).

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Avanza Pop You Up 2015 di Yogyakarta
Body wrap

Bahkan, ada beberapa peserta yang memanfaatkan potongan stiker hampir di seluruh bodi bagian luar Avanza kesayangannya. Tren modifikasi ini kerap dijuluki Body Wrap, sempat tenar di Jakarta beberapa tahun terakhir. Pemilihan warna khusus, berhasil membuat perserta Avanza Pop You Up ini semakin memperkaya personalisasi peserta dari Kota Pelajar ini.

Teknik ini dilakukan Khariss Dwi, salah satu peserta yang mengandalkan Avanza Veloz. "Saya sengaja melakukan permainan warna di seluruh bodi pakai stiker. Memilih hijau tosca, karena mau warna yang tidak terlalu ngejreng, tapi tetap bisa terlihat berbeda," ujar Khariss.

Ubahan lain yang dilakukan Haris pada kendaraannya, mengganti pelek dengan ukuran 17 inci, berkelir hitam. "Suspensi sengaja tidak disentuh, mengandalkan bawaan pabrik, karena saya masih butuh kenyamanan dalam berkendara," ucap Khariss, menambahkan.

Bagian interior, lapisan jok dan door trim mendapat ubahan bahan. Selain itu, head unit juga diganti dengan produk aftermarket yang sudah dilengkapi piranti pemutar DVD, televisi, dan pemutar file musik digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com