Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Ajak Jalan Santai Sambil Pungut Sampah

Kompas.com - 15/06/2015, 12:45 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

Bandung, KompasOtomotif - Sedikitnya 1.250 orang pegawai dan pelanggan Grup Astra International wilayah Bandung, ambil bagian di ajang Bandung Green Fun Walk dan Gerakan Pungut Sampah (GPS). Astra mengajak masyarakat lebih peduli pada lingkungan serta memiliki gaya hidup ramah lingkungan.

Deputy Vision Head Corporate Security Service PT Astra International, Karim Suwandono menjelaskan, Bandung Green Fun Walk merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian acara Astra Green Lifestyle (AGL). Tahun ini, AGL memasuki pelaksanaan yang kelima, dan akan dilaksanakan di 10 kota di Indonesia.

“10 kota tersebut yakni Jakarta, Denpasar, Bandung, Palembang, Makassar, Balikpapan, Yogyakarta, Pekanbaru, Surabaya, dan Medan. Dari 10 kota tersebut diikuti minimal 20.000 orang,” ujar Karim di sela-sela Bandung Green Fun Walk di Astra Biz Center Bandung, Minggu (14/6/2015).

Setiap orang yang datang, sambung Karim, akan menanam satu buah pohon. Namun pohon-pohon tersebut akan ditanam di lahan seluas 100 hektar di Hambalang. “Kami punya lahan 500 hektar di Hambalang, 200 hektar di antaranya sudah tertanami, dan tahun ini kami akan menanami 100 hektar lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Bandung, Risila Olii mengatakan, acara Bandung Green Fun Walk menempuh jarak 6 KM dimulai dari kawasan Astra Biz Center melewati Jalan Moch Toha, melintasi Monumen Bandung Lautan Api, kemudian Jalan BKR, dan Jalan Sriwijaya, lalu kembali ke ABC.

“Uniknya, peserta dibekali kantong sampah dari Pemkot Bandung yang dapat didaur ulang. Kantong sampah tersebut digunakan untuk memungut sampah yang ditemui selama perjalanan, kemudian dipilih sesuai jenisnya. Organik atau non organik,” tuturnya.

Seusai menuntaskan perjalanan, peserta akan mengumpulkan sampah kepada panitia untuk ditimbang. Bagi pemungut sampah terbanyak diberikan hadiah menarik. Selain itu, peserta bisa menikmati jajanan Kota Bandung sekaligus hiburan daari seniman Bandung dan ikon kebersihan Kota Bandung yang dinamai Prabu (Pahlawan Urang Bandung).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com