Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Spesifikasi 2 Moge Honda Termurah

Kompas.com - 14/06/2015, 15:26 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Nusa Dua, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor mulai menjual moge-mogenya dengan peluncuran resmi yang dilakukan di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/6/2015). Dari enam model yang meluncur, tipe CB500F dan CB500X ABS bakal menjadi tulang punggung penjualan. Tak hanya punya gengsi dan performa baik, harganya juga relatif paling terjangkau.

CB500X ABS dipasarkan dengan harga Rp 135 juta, sementara CB500F tak lebih dari Rp 125 juta. Sedangkan model lain seperti CBR650F dan CB650F sudah di atas Rp 200 juta, bahkan NM4 Vultus mendekati setengah miliar rupiah, CBR1000RR SP mencapai lebih dari Rp 500 juta.

Sebagai varian dengan harga paling terjangkau, keduanya mewakili karakter konsumen yang berbeda. CB500F untuk konsumen yang suka naked bike ringan dan lincah, cocok untuk pengendaraan sehari-hari juga touring jarak menengah. Sementara CB500X ABS lebih memuaskan pecinta sepeda motor adventure.

CB500 series disematkan mesin baru 471 cc berpendingin cairan, 4 tak DOHC, mesin paralel ganda mampu menghasilkan tenaga maksimal 46,9 tk @8.000 rpm dan torsi maksimal 43 Nm @7.000rpm.  Kecepatan maksimum 176 kpj dan dengan konsumsi bahan bakar menyentuh 27 kpl (metode WMTC) dan telah memenuhi standar regulasi emisi Euro 4.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda CBX500X ABS sangat cocok digunakan para petualang pemula. Ringan, kencang, dengan harga yang relatif terjangkau.

Rangka diamond shaped dengan steel-tube diklaim kokoh, didesain untuk keseluruhan performa yang optimal didukung suspensi belakang Pro-Link dengan 9 setelan. Piranti pengurang laju sepeda motor memakai rem depan dan belakang cakram dengan pola wave disc.

Panel meter digital dilengkapi speedometer, tachometer, tripmeter, konsumsi bahan bakar real time dan rata-rata, jam digital, serta iluminasi pada indikator diagnosa mesin. Untuk tipe CB500X terdapat kaca penahan angin yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta gaya pengendara.

Keduanya disematkan Honda Ignition Security System (HISS) yang dikenal sebagai immobilizer Honda. Teknologi ini mengaplikasikan microchip pada anak kunci yang telah diprogram dengan kode password tertentu dan terhubung dengan ECU yang tidak bisa dibaca oleh perangkat lain, sehingga aman, canggih dan praktis saat digunakan.

Perbedaan

CB500X ABS dipengaruhi desain crossover, tampak lebih ”liar” dengan posisi berkendara yang tinggi dan tegak, khas sepeda motor petualang. Kaca penahan angin bisa diganti sesuai kebutuhan. Tangki bahan bakar lebih agresif, pelindung pipa knalpot dan mesin dilengkapi dengan cover untuk perlindungan ekstra saat berkendara di segala medan. Untuk menambah daya pengereman disematkan Anti-Lock Braking System (ABS).

Sementara itu CB500F berdesain telanjang tampil lebih modern, stylish dan ramping, memiliki posisi berkendara yang memudahkan untuk bermanuver. Model ini semakin stylish dengan tangki bahan bakar yang modern dan gagah. Pelindung pipa knalpot dan mesin yang menggunakan bahan anti-karat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com