Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up 2015

Personalisasi Apik Avanza Lewat "Doodle Art"

Kompas.com - 13/06/2015, 13:21 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Yogyakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengajak konsumen untuk personalisasi kendaraan lewat ajang, Avanza Pop You Up "Personalize Your Avanza" yang berlangsung sepanjang 2015 ini. Di Avanza Pop You Up tahun ini, Toyota memperkenalkan teknik gambar yang sedang populer di kalangan anak muda, "Doodle Art".

Doodle menurut TheFreeDictionary artinya, "a rough drawing made absentmindedly." Secara harfiah adalah menggambar kasar ketika melamun. Konteksnya lebih pada menggambar tanpa pakem, bebas, semudah menarik garis, menggambar pola pada berbagai macam media. Pola atau garis ini kemudian menjadi satu kesatuan sehingga menjadi gambar penuh, sehingga diapresiasi sebagai karya "Doodle Art".

"Melalui Avanza Pop You Up 2015 ini kami mengajak para pemilik Avanza di Yogyakarta untuk menampilkan ide-ide kreatif mereka agar bisa menjadikan MPV terlaris ini  menjadi tampil beda," kata Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM, belum lama ini.

Boy Beding, pengamat otomotif dari salah satu media nasional mengatakan, menjadi mobil terlaris, populasi Avanza begitu besar di seluruh Indonesia. Personalisasi, biasanya menjadi salah satu cara untuk membuat penampilan mobil pribadi ini terasa berbeda dari yang lain. Tapi, melakukan ubahan rentan kehilangan klaim garansi yang ditawarkan pabrikan karena mengubah hal teknis pada mobil.

"Personalisasi yang paling mudah dilakukan dan tidak menghilangkan garansi itu lewat penampilan eksterior. Doodle Art bisa jadi salah satu pilihan, apalagi gambar yang dibuat merupakan kreasi sendiri, jadi pasti beda dengan yang lain," ujar Boy di Yogyakarta, Sabtu (13/6/2015).

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Personalisasi Avanza dengan Doodle Art
Karya seni

Irvina Anissa Meisari, Doodle Artist asal Bandung yang ikut terlibat dalam Avanza Pop You Up kali ini mengatakan, teknik menggambar ini sebenarnya sudah dikenal lama oleh dunia seni rupa. Konteks menggambarnya lebih bebas dan tanpa batas.

"Hanya kali ini, doodling mulai diperkenalkan di dunia otomotif. Ketika seluruh bodi mobil ini telah digambar, bisa lewat sketsa, garis, lekuk, sketsa wajah, akhirnya menjadi satu kesatuan karya seni," ujar wanita yang akrab dipanggil Irvin ini.

Pada ajang Avanza Pop You Up "Personalize Your Avanza" di Yogyakarta kali ini disiapkan satu unit Avanza untuk digunakan menjadi media "Doodle Art". Para peserta acara diminta ikut berkreasi melakukan Doodle Art, di masing-masing panel bodi Avanza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com