Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dua Produk Baru Hasil Kolaborasi Toyota-Mazda

Kompas.com - 08/06/2015, 08:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Keterangan baru dari Jepang mengungkap kolaborasi Toyota dan Mazda akan menghasilkan banyak model anyar, salah satu yang tengah diperbincangkan adalah crossover. Diurai Motoring pekan lalu, Toyota sedang mengembangkan crossover berbasis Prius yang menggunakan mesin Skyactiv-D (Diesel) 1.5L milik CX-5.

Rupa model belum bisa terbaca, masih belum jelas apakah crossover ini pernah ditampilkan di hadapan publik atau belum. Namun ada sedikit pencerahan. Sumber dari Jepang menjelaskan acuannya bisa ditengok pada konsep C-HR yang pernah melantai di Paris Motor Show, Oktober 2014 lalu.

Bahkan salah satu majalah Jepang, Best Car, telah membuat gambar terkaan (randering) bagaimana desain model baru Toyota seperti tertera pada gambar. Dikatakan kemampuan mobil ini sanggup berjalan sampai 800 km menggunakan satu tangki bahan bakar terisi penuh.

Motoring Model baru Mazda menggunakan teknologi hibrida plug in milik Toyota.

Mazda

Bulan lalu CEO Toyota Akio Toyota dan President Mazda Masamichi Kogai telah berjabat tangan untuk perjanjian kerja sama inovasi. Tujuan kesepakatan ini agar kedua perusahaan bisa mengembangkan teknologi yang kompetitif di Eropa yang sanggup berbaur dengan ketatnya regulasi emisi di Amerika Serikat.

Keuntungan kolaborasi ini bukan hanya untuk Toyota. Pemakaian teknologi Skyactiv “dibarter” dengan teknologi hibrida atau hibirda plug in Toyota yang akan digunakan model baru Mazda.

Model ini juga dipresentasikan dalam rendering dan diterangkan memiliki panjang 3,7 m serta lebar 1,695 m. Mobil pesaing mobil listrik BMW i3 ini bergerak memakai roda depan dan menawarkan daya jelajah 200 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com