Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Kodok Generasi Terakhir Dilego Rp 13 Miliar

Kompas.com - 02/06/2015, 17:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Wolfsburg, KompasOtomotif — Pada masa kejayaannya, Volkswagen Beetle atau yang juga dikenal di Indonesia dengan sebutan VW "Kodok" memang diproduksi sebagai kendaraan murah. Pada era modern, ternyata mobil yang melewati masa perang dunia kedua ini bernilai sangat tinggi.

Beetle diproduksi kali pertama di Meksiko pada 1967, dan diakhiri pada Maret 2003. Situs Classic-trader.com menayangkan tawaran pembelian salah satu Beetle terakhir yang pernah diproduksi di Meksiko. Model terakhir ini dinamakan Ultima Edicion dan dilego sebesar 1 juta dollar AS atau setara Rp 13,2 miliar.

Menurut keterangan dalam situs, mobil ini belum teregistrasi, tetapi siap dikemudikan dan punya sertifikat belum pernah kecelakaan. Di bawah kap belakang terdapat mesin bensin 4-silinder berkapasitas 1.584 cc yang dihubungan dengan transmisi manual. Mobil ini berstatus baru keluar dari pabrik, meski sudah pernah dikendarai hanya sejauh 120 km.

Siapa saja yang pernah ingin membeli Beetle ini kemungkinan melihatnya dari sisi emosional atau kedekatannya dengan kendaraan tersebut. Dengan demikian, peluangnya terbuka bagi para kolektor. Namun, bila dinilai dari spesifikasi, mobil gaek ini seharusnya tidak semahal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com