Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Segera Relokasi Pabrik Cakung ke Cikarang

Kompas.com - 30/05/2015, 06:29 WIB

Cikarang, KompasOtomotif - Dengan diresmikannya pabrik baru di Kawasan Industri Greenland International Industri Center (GIIC), Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/5/2015), maka Suzuki Indomobil Motor (SIM) siap berbenah. Dalam waktu dekat, seluruh fasilitas produksi komponen, mesin, dan transmisi yang berlokasi di Cakung akan direlokasi ke Cikarang.

"Nantinya supaya lebih efisien dalam hal produksi, pabrik Cakung akan dipindah ke sini (Cikarang), mungkin dalam dua tiga tahun ke depan," jelas Yudonendito, Cikarang Assembling Production Assistent to Plant Manager SIM kepada KompasOtomotif, Jumat (29/5/2015).

Di pabrik Cakung, Suzuki memproduksi beberapa barang penunjang proses perakitan mobil baru, seperti mesin, transmisi, dan komponen penting lain.

Fasilitas ini punya kemampuan produksi mencapai 106.000 unit per tahun dan berdiri di atas lahan  130,7 hektar dan luas bangunan 11 hektar. Fasilitas baru Suzuki ini menghabiskan investasi hingga 1 miliar dollar AS  atau Rp 13,2 triliun.

Pabrik ini hanya baru merakit Ertiga semua tipe, selain itu juga memproduksi dua jenis mesin bensin, berkapasitas 1.400 cc dan 1.000 cc tiga silinder. Mesin 1.000 cc ini kemudian dikirim ke pabrik Tambun II untuk menyuplai perakitan Karimun Wagon R.

Davy Tuilan, Wakil Direktur Pelaksana PT Suzuki Indomobil Sales menambahkan, saat ini kapasitas terpasang pabrik baru Suzuki di Cikarang mencapai 106.000 unit, tapi baru dimanfaatkan 50.000 unit untuk produksi Ertiga.

"Jika kondisi perekonomian Indonesia terus tumbuh dan pasar otomotif membaik, kemampuannya bisa dinaikkan mencapai 200.000 unit lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com