Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Resmikan Pabrik di Cikarang Senilai 1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 29/05/2015, 10:59 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Cikarang, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) meresmikan pabrik perakitan mobil terbarunya di Kawasan Industri Greenland International Industri Center (GIIC), Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/5/2015). Fasilitas ini punya kemampuan produksi mencapai 106.000 unit per tahun.

Peresmian pabrik dihadiri Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Komisaris Utama Suzuki Motor Corporation Jepang Osamu Suzuki, Komisaris SIM Subronto Laras, Presiden Direktur SIM Shuji Oishi, dan direksi lainnya.

”Suzuki membuktikan komitmen investasinya di Indonesia dengan meresmikan pabrik baru di Cikarang. Lewat pabrik baru ini, kami akan memenuhi kebutuhan industri otomotif dengan mengembangkan dan menghasilkan produk berkualitas lebih baik," ujar Oishi di sela peresmian pabrik.

Fasilitas baru Suzuki berdiri di atas lahan 130,7 hektar dengan luas bangunan 11 hektar, bernilai 1 miliar dollar AS (Rp 13,2 triliun). Pabrik merupakan fasilitas produksi keempat Suzuki di Indonesia.

Sebelumnya, Suzuki sudah mengoperasikan pabrik perakitan mobil di Tambun, Bekasi. Selain itu Suzuki juga akan merakit mesin dan transmisi di pabrik baru ini.

Tenaga kerja yang terserap sejumlah 1.152 orang untuk mengisi lini produksi, dan pabrik ini sudah beroperasi sejak akhir tahun lalu. Beberapa model yang diproduksi di sini adalah Ertiga semua tipe, Karimun Wagon R, mesin 1.400 cc, dan 1.000 cc tiga silinder.

Selain memenuhi pasar domestik, pabrik juga menyuplai ekspor Ertiga ke Thailand dan Brunei. Selain itu, juga pasokan ekspor transmisi mobil ke Thailand dan Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com