Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memacu Mobil Melawan Rintangan Virtual (Video)

Kompas.com - 28/05/2015, 18:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Sukses membuat video pertama yang menantang empat pebalap profesional mengemudi dalam gelap, Castrol kembali menunjukkan satu video spektakuler lagi dengan nuansa berbeda.

Masih mengandalkan Castrol Edge sebagai pelumas ”terkuat” yang dimiliki, tantangan Titanium Trial Driving Challenge terbaru menghadirkan pebalap Formula Drift profesional Matt Powers yang mengendarai Roush Stage 3 Mustang.

Matt mengenakan headset canggih Oculus Rift Development Kit 2, yang membuatnya tidak dapat melihat dunia nyata di sekitarnya, namun terbawa kedalam dunia virtual 3D yang berubah-ubah dengan sangat cepat.

Castrol memadukan teknologi video game dan pengalaman mengemudi secara langsung dan nyata, menggunakan mobil modifikasi dan teknologi virtual reality yang membuat dunia bentukan komputer tersebut merespon gerakan pengemudi dan mobilnya secara real time.

Pengalaman seperti dalam video game tersebut menyuguhkan pemandangan menakjubkan seperti batu-batu besar berjatuhan, trek yang runtuh, terowongan, tebing yang curam, bahkan penampilan bintang tamu pembalap yang dikenal lainnya.

Tampilan di dunia virtual berubah-ubah seiring dengan manuver mengemudi Matt Powers. Sementara di dunia nyata, mobil dikemudikan di area yang luas untuk memberi ruang bermanuver yang sangat ekstrem, cepat, dan berbahaya.

Dengan menggali data dari diagnosa internal mobil (OBD2) dan sistem pelacakan posisi eksterior (GPS dan pengukuran inersia), tim berhasil melakukan sinkronisasi data dengan helm Oculus Rift DK2 milik Matt Power. Hasilnya, dari sebelumnya hanya dialami ketika duduk kini berubah menjadi bisa dialami secara mobile dalam kendaraan yang bergerak.

Untuk pertama kalinya, tim berhasil ‘mengubah’ mobil sungguhan menjadi game controller raksasa, memungkinkan Powers merasakan dunia virtual melalui helm ketika dia berkendara sepanjang trek.

Berikut video lengkapnya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com